-->

Mengganti Nomor, Nama dan Saldo Awal Perkiraan

Standart nama rekening yang terdapat di dalam MYOB Accounting menggunakan bahasa Inggris, jika dikehendaki dapat diganti dengan bahasa Indonesia sekaligus mengganti nomor perkiraan, nama perkiraan dan mengisi saldo awal. Langkah-langkah yang digunakan sebagai berikut :

• Pada kotak dialog Accounts List klik ganda nama perkiraan yang akan diganti, bisa juga dengan mengklik tombol Edit atau panah putih pada perkiraan tersebut.
• Pada kotak dialog Edit Account ketik nomor rekening dan nama rekening lain yang diinginkan pada kotak isian Account Number dan Account Name serta isi saldo awal pada opening Balance untuk perkiraan Detail Account dan Detail Cheque Account.




Keterangan :

  1. Header Account (Non Postable), pilihan ini untuk account yang dibagi lagi. Account ini akan menjumlahkan saldo sub account di bawahnya dan tidak dapat digunakan untuk membuat jurnal. Detail Account (Postable), pilihan ini untuk account yang tidak memiliki sub account. Account ini dapat digunakan untuk bertransaksi atau membuat jurnal umum.  
  2. Detail Cheque Account (Postable), pilihan ini hanya muncul pada klasifikasi asset saja, untuk menampung account yang dapat menerima dan membayar uang (kas/bank) saja.  
  3. Detail Credit Card Account (Postable), pilihan ini hanya muncul pada klasifikasi liabilities saja, untuk menampng hutang yang dapat digunakan untuk menerima dan membayar uang (kas/bank), contoh rekening koran dan kartu kredit.  
  4. Inactive Account, jika tercheklis berarti akun tersebut tidak dapat digunakan untuk bertransaksi lagi, jika suatu saat dibutuhkan cukup menchelisnya kembali. Account Classification, ada 8 jenis klasifikasi yang dapat dipilih untuk menentukan nomor pertama dari suatu account.  
  5. Account No., hanya dapat diisi dengan 4 digit, sebagai penomoran tersebut.  
  6. Account Name, untuk mengisikan nama account. Opening Balance, untuk mengisi saldo awal (dapat diabaikan dulu).  
  7. Current Balance, menunjukkan saldo terakhir dari account tersebut.  
  8. Tax Code, pilihan tersebut terhubung dengan kode pajak (PPN/N-T).  
  9. When Report, Generate a Subtotal for  This Section, jika aktif akan menjumlahkan saldo sub account di bawahnya. Hanya muncul untuk account tipe Header.  
  10. Linked Account for, akan muncul untuk account tipe Detail. Jika account ini digunakan sebagai Linked Account maka akan muncul Linked Account yang mana yang terhubung dengan account ini 

Pengisian saldo awal dapat dilakukan dengan mengklik menu Setup, pilih Account Opening Balance. Untuk membuktikan bahwa saldo awal yang dicatat telah benar (Balance), maka saldo penyeimbang (Historical balancing Account) harus nol. Saldo penyeimbang menampung selisih Harta dikurang Hutang dan Modal. 




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment