Mencatat Retur Penjualan Jasa
Transaksi return penjualan (sales return) terjadi akibat pelanggan atau konsumen mengembalikan barang yang telah dibeli karena sesuatu hal, misal barang tersebut rusak dan lain-lain. Transaksi dicatat dengan 2 langkah yaitu :
• Mencatat pengembalian barang dengan cara mengklik tombol Enter Sales kemudian catat pengembalian barang dari pelanggan atau konsumen dengan angka negatif pada kolom ship selanjutnya klik Record.
• Catat pengembalian uang kepada pelanggan atau konsumen tersebut dengan cara mengklik Sales Register, klik tab Returns & Credits kemudian pilih data pengeluaran uang dari pengembalian barang. Selanjutnya klik icon Pay Refund. Pada Date isikan tanggal transaksi, pada Account hubungkan keperkiraan Kas, misalnya. selanjutnya klik Record.
Contoh : Pada tanggal 25 September 2008, Mini X Banner yang telah dikirim kepada AMIK Budi Karya ternyata cacat sebanyak 1 set. AMIK Budi Karya mengembalikannya kepada ARS Publishing dan meminta pengembalian pembayaran.
0 komentar:
Post a Comment