-->

Mencatat Order Penjualan Jasa

Untuk mencatat order penjualan jasa, lakukan tahapan-tahapan berikut :
• Pada jendela Command Centre, klik modul Sales.
• Klik tab Enter Sales, dan pada bagian kiri atas pilih Order.
• Pada Customer, pilih nama konsumen/pelanggan.
• Klik Layout, untuk menentukan jenis penjualan yang dilakukan, pilih Tipe Service, jenis penjualan yang tersedia :
o Tipe Service, untuk mencatat penjualan jasa.
o Tipe Item, untuk mencatat penjualan dengan daftar item persediaan, atau untuk mencatat penjualan barang dagangan.
o Tipe Profesional, untuk mencatat penjualan yang bersifat penjualan jasa. Tipe ini hampir sama dengan tipe Service. Bedanya, terdapat sebuah kolom tambahan untuk memasukkan tanggal jasa tersebut diberikan.
o Tipe Miscellaneous, untuk mencatat penjualan lain-lain yang tidak memerlukan faktur penjualan tercetak atau untuk penyesuaian yang mempengaruhi piutang dagang.
o Tipe Time Billing, untuk mencatat penjualan yang berhubungan dengan aktivitas perusahaan dan fakturnya akan tercatat sebagai faktur penagihan.

• Pada Date, masukkan tanggal pencatatan transaksi.
• Pada Customer PO#, isikan nomor faktur pemesanan pelanggan (jika ada).
• Pada Description, masukkan keterangan singkat.
• Pada Account Name, masukkan nomor perkiraan, biasanya masuk pada perkiraan penjualan.
• Pada kolom Ammount, masukkan nilai nominal penjualan.
• Pada Job, masukkan nomor job (jika ada).
• Pada Tax, masukkan kode pajak (jika ada).
• Pada Salesperson, isikan dengan nama karyawan bagian penjualan (jika ada).
• Pada Comment, isikan dengan komentar yang akan disampaikan kepada pelanggan (jika ada).
• Pada Ship Via, isikan dengan keterangan pengiriman barang (jika ada).
• Pada Promised Date, isikan dengan tanggal kesanggupan membayar dari pelanggan.
• Pada Freight, isikan dengan ongkos angkut pengiriman (jika ada).
• Pada Paid Today, isikan dengan jumlah uang yang dibayarkan pelanggan.
• Klik Record untuk menyimpan hasil pencatatan.

Contoh : Pada tanggal 23 September 2008, AMIK Budi Karya memesan 3 set X Banner Biasa dan 4 set Mini Banner, pembayaran dimuka sebesar 400.




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment