Membuat Data Baru Pada MYOB Accounting v 15
Untuk membuat data baru pada MYOB Accounting, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Klik menu Create pada tampilan menu awal MYOB.
2. MYOB akan menampilkan Assistant Wizard yang merupakan panduan bagi user pemula dalam membuat data perusahaan. Ini merupakan salah satu kelebihan dari MYOB Accounting yaitu easy user sehingga lebih mudah dipahami.
Assistant Wizard MYOB terdiri atas beberapa tahap antara lain : tahap Introduction, Company Information, Accounting Information, Account List, Company File, dan Conclusion. (Gambar 1.4.1)
konfirmasi apa-apa pada tahap ini. Klik Next untuk pindah ke tahap berikutnya.
3. Tahap ini merupakan konfirmasi terhadap informasi perusahaan yang akan dibuat. Informasi yang dibutuhkan antara lain : Company Name, Company No., VAT No. (NPWP), Address, Phone Number, Fax Number dan Email. (Gambar 1.4.2)
Isikan field-field yang harus diisi dengan identitas perusahaan yang ingin dibuat. Data yang wajib diisi adalah Company Name, sedangkan data yang lain hanya bersifat optional. Akan tetapi, data perusahaan yang lain akan dilampirkan dalam faktur-faktur, kwitansi, dan dokumen-dokumen perusahaan lain.
Klik Next jika ingin melanjutkan ke tahap berikutnya.
4. Tahap ini merupakan konfirmasi terhadap informasi yang berkaitan dengan sistem akuntansi yang akan dibuat dan digunakan. Informasi yang dibutuhkan antara lain : Current Financial Year, Last Month of Financial Year, Conversion Month, dan Number of Accounting Periods. (Gambar 1.4.3)
Keterangan :
- Current Financial Year : Periode akuntansi yang akan digunakan
- Last Month of Financial Year : Bulan terakhir dari periode akuntansi yang digunakan. Untuk sistem akuntansi di Indonesia, bulan terakhir yang umum digunakan adalah bulan Desember.
- Conversion Month : Bulan kita melakukan konversi sistem dari manual ke komputerisasi atau dari program lain ke MYOB.
- Number of Accounting Periods : Jumlah bulan dalam satu periode.
5. Akan muncul tampilan confirm accounting information. Pada tampilan ini, MYOB ingin melakukan konfirmasi apakah data-data yang telah dimasukkan pada tahap accounting information telah benar dan sesuai. (Gambar 1.4.4)
Secara otomatis, MYOB akan mengunci informasi yang telah dimasukkan pada tahapan sebelumnya setelah tombol Next diklik.
6. Tahap ini merupakan konfirmasi terhadap account list yang ada pada MYOB. (Gambar 1.4.5)
Pada tahap ini, kita diminta untuk memilih system rekening yang akan digunakan.
Pilihan yang disediakan oleh MYOB yaitu :
Pilihan I : menggunakan rekening yang telah dibuat oleh MYOB;
Pilihan II : mengimport rekening dari data perusahaan lain yang telah kita buat sebelumnya;
Pilihan III : melakukan perubahan rekening dengan menambah atau mengurang rekening yang ada.
Sebagai tahap pemula, kita dapat memilih opsi yang pertama yaitu menggunakan rekening yang telah disiapkan oleh MYOB sesuai dengan jenis dan bidang usaha dari perusahaan yang akan dibuat.
Klik Next jika ingin pindah ke tahapan berikutnya.
7. Pada tahap ini, kita diminta untuk melakukan konfirmasi terhadap jenis dan bidang usaha yang sesuai dengan perusahaan yang akan dibuat.
Untuk melihat Industry Classification yang disediakan oleh MYOB, cukup klik tanda panah yang terdapat disamping fieldnya. (Gambar 1.4.6)
Demikian halnya jika kita ingin melihat Type of Business yang disediakan oleh MYOB. (Gambar 1.4.7)
Pada account listnya, MYOB secara otomatis akan menyesuaikan menurut klasifikasi dan jenis usaha yang kita tentukan sendiri sesuai dengan perusahaan yang akan dimasukkan.
Karena kita telah membuat data perusahaan Trust Computer dimana perusahaan ini bergerak di bidang jual beli computer maka kita akan mengisi field Industry Classification dengan Retail dan Type of Business dengan Computer Dealer. (Gambar 1.4.8)
Klik Next jika ingin melanjutkan ke tahap berikutnya.
8. Pada tahap ini, MYOB memberikan konfirmasi mengenai lokasi folder tempat data perusahaan akan disimpan.
Dalam posisi default, MYOB akan menyimpan pada folder dimana program MYOB terinstall. (Gambar 1.4.9)
Kita bisa mengubah lokasi folder penyimpanan dengan mengklik Change. (Gambar 1.4.10)
Pada pembelajaran kali ini, gunakan saja folder default yang telah disediakan oleh MYOB. Pada field file name, isikan dengan nama Trust Computer. Klik Save untuk menyimpan.
9. Tahap ini merupakan tahap terakhir dari Wizard File Assistant yaitu Conslusion. Pada tahap ini, MYOB memberi konfirmasi bahwa kita telah berhasil membuat data perusahaan dengan MYOB. (Gambar 1.4.11)
Bagi pengguna yang telah biasa menggunakan MYOB, bisa langsung menggunakan MYOB dengan mengklik Command Centre.
Sedangkan bagi pengguna yang masih belum paham tentang cara penggunaan MYOB, dapat menggunakan fasilitas wizard yang disediakan dengan mengklik Setup Assistant. (Gambar 1.4.12)
Pada tampilan wizard Easy Setup Assistant, terdapat menu-menu yang telah terpisah menurut modulnya masing-masing seperti menu Customize, Accounts, Sales, dan Purchases.
Secara garis besar, menu-menu tersebut mempunyai fungsi masingmasing yaitu :
Menu Customize : melakukan kustomisasi terhadap system dan prosedur selain yang berkaitan dengan data akuntansi.
Menu Accounts : melakukan kustomisasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan nomor rekening perusahaan.
Menu Sales : melakukan kustomisasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan system dan prosedur penjualan perusahaan.
Menu Purchases : melakukan kustomisasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan sistem dan prosedur pembelian perusahaan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment