-->

Koreksi dan Ayat Jurnal Koreksi

Koreksi diperlukan karena kesalahankesalahan yang terjadi. Kesalahan terjadi bisa pada waktu menjurnal atau pada waktu memposting. Kesalahan demikian tidak boleh dikoreksi dengan cara menghapus, sebab bekas-bekas menghapus akan menimbulkan kecurigaan seakan-akan telah terjadi ketidakbenaran atau kecurangan.

Koreksi diperlukan karena kesalahan-kesalahan yang terjadi. Kesalahan terjadi bisa pada waktu menjurnal atau pada waktu memposting. Kesalahan demikian tidak boleh dikoreksi dengan cara menghapus, sebab bekas-bekas menghapus akan menimbulkan kecurigaan seakan-akan telah terjadi ketidakbenaran atau kecurangan. Terdapat dua jenis kesalahan dan prosedur koreksi untuk setiap jenis kesalahan, yaitu: 

1. Kesalahan ditemukan sebelum jurnal di posting ke buku besar. Prosedur koreksi adalah mencoret akun. Buat garis lurus dengan tinta merah pada akun atau angka yang salah, kemudian ditulis yang benar dan diberi paraf.

2. Kesalahan ditemukan setelah jurnal di posting ke buku besar,  maka prosedur koreksi adalah membuat jurnal koreksi. Jurnal koreksi di buat dengan memperhatikan jurnal yang salah (yang telah dibuat) dan jurnal yang benar ( yang seharusnya).
Dalam kasus ini pembelian peralatan terlanjur telah dicatat atau dijurnal ke akun perlengkapan sebagaimana tampak dalam jurnal berikut ini:
Sebagai akibatnya akun perlengkapan serta akun kas akan nampak sebagai berikut:
Berdasarkan pada jurnal yang telah dibuat dan jurnal yang seharusnya dibuat tersebut, maka ayat jurnal koreksi disusun sebagai berikut:







Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment