-->

Membuat Card File pada MYOB Accounting v 15


Card File ini digunakan sebagai kartu untuk memudahkan kita dalam mencari data-data Customer, Supplier, Employee, maupun Personal.

1. Pada jendela Command Centre, klik Card File. (Gambar 2.6.1)
 
2. Klik Card List, maka Jendela Card List akan muncul. (Gambar 2.6.2)  
 
3. Pada Jendela ini, terdapat lima buah tab menu yang terdiri dari :
All Cards, Customer, Supplier, Employee, dan Personal. 
Jika kita ingin memasukkan data yang ada baik itu data Customer, Supplier, Employee, dan Personal, cukup mengklik menu New yang terdapat dibagian bawah Jendela. Setelah itu Jendela Card Information akan muncul. (Gambar 2.6.3)
 
4. Pada Jendela Card Information, kita dapat memilih tipe data apa yang akan kita diinput dengan mengklik tanda panah yang terdapat di kolom Card Type. Sebagai contoh kita akan membuat daftar supplier dan customer yang ada didalam modul. (Gambar 2.6.4)

 
5. Pada jendela Card Information terdapat tab menu Card Details, Selling Details, Payment Details, Contact Log, Jobs, dan History.

6. Tab menu Card Details digunakan untuk memasukkan data foto customer. (Gambar 2.6.5)

 
7. Tab menu Selling Details digunakan untuk memasukkan data-data yang berkaitan dengan penjualan terhadap customer yang bersangkutan. (Gambar 2.6.6)

 
Pada tampilan Selling Details ini, kita bisa mengisi data-data seperti : tax Code diisi dengan PPN, Freight Tax Code diisi dengan N-T (No Taxable).
Pada kolom Customer Terms Information, perusahaan memberikan potongan penjualan jika pelanggan membayar lebih awal. Adapun potongan penjualan yang diberikan sebesar 2/10, n/30. Pada kolom Payment is Due diisi dengan In a Given # of Days, Discount Days diisi dengan 10, Balance Due Days diisi dengan 30, dan % Discount for Early Payment diisi sebesar 2%. Selain itu perusahaan juga menerapkan denda apabila jangka waktu pembayaran melewati batas dimana besarnya denda adalah 1% dari harga barang.

8. Tab menu Payment Details digunakan untuk memasukkan data pembayaran dari pelanggan apakah menggunakan kartu kredit atau tidak. Form ini cukup diabaikan saja. (Gambar 2.6.7)
 
9. Tab menu Contact Log digunakan untuk memasukkan data-data transaksi yang dilakukan oleh masing-masing pelanggan. (Gambar 2.6.8)
 
10. Tab menu Jobs digunakan untuk memasukkan data daftar jobs dari pelanggan.

11. Tab menu History digunakan untuk melihat data akumulasi transaksi per bulan dari pelanggan yang bersangkutan. (Gambar 2.6.9)
 
12. Klik OK jika data-data yang dibutuhkan perusahaan telah dimasukkan.

13. Data-data customer yang telah diinput akan terlihat di Jendela Card Lists. (Gambar 2.6.10)
 
14. Jika kita ingin mengubah data-data Card File yang ada, klik  Edit.

15. Lakukan hal yang sama untuk membuat daftar Supplier dimana perusahaan diberikan potongan pembelian 4/10, n/30. 16. Klik Close untuk kembali ke tampilan Command Centre.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment