-->

Bentuk Laporan Keuangan

1. Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi dapat disusun dalam dua bentuk, yaitu:
a. Bentuk Multiple Step
b. Bentuk Single Step

Dalam bentuk multiple step, laporan laba rugi disusun bertahap, sehingga dikenal beberapa jenis laba seperti laba kotor, laba bersih operasi, laba bersih sebelum pajak dan laba bersih setelah pajak.  Laporan laba rugi dalam bentuk single step hanya dikenal laba bersih karena dalam bentuk ini semua penghasilan dikurangi bebanbeban termasuk pajak dilaporkan sekaligus tanpa dipisah-pisahkan seperti dalam multiple step. Ilustrasi 9.1 dan 9.2 menunjukkan contoh format laporan laba rugi dengan bentuk multiple step dan single step.


                         

2. Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan perubahan ekuitas mencerminkan berubahnya modal dari awal sampai dengan menjadi modal akhir. Laporan perubahan ekuitas untuk perusahaan perseorangan seperti nampak pada ilustrasi 9.3 dan ilustrasi 9.4 untuk Laporan Saldo Laba pada perusahaan perseroan.







3. Neraca
Neraca merupakan laporan keuangan yang menyajikan aset, kewajiban dan ekuitas suatu perusahaan pada satu saat tertentu. Neraca dapat disajikan dalam: 

1. Bentuk perkiraan / skontro (akun)
2. Bentuk laporan / stafel (report form) Dalam bentuk perkiraan, neraca dibagi sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan, yaitu sisi kiri untuk aset dan sisi kanan untuk pasiva yaitu kewajiban dan modal. Dengan bentuk laporan semua akun dalam neraca disusun berurutan ke bawah. Urutan yang pertama adalah kelompok aset, kelompok  kewajiban dan kelompok modal. Dalam menyusun neraca perlu diperhatikan untuk selalu mencantumkan:
x nama perusahaan
x judul Neraca
x tanggal neraca.

Ilustrasi 9.5 dan 9.6 menunjukkan contoh format neraca bentuk akun T dan laporan.

Ilustrasi 9.5: Contoh Format Neraca Bentuk Akun T 


Ilustrasi 9.6: Contoh Format Neraca Bentuk Laporan 




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment