BANKING
Modul Banking digunakan untuk pencatatan transaksi yang menggunakan cek atau kartu kredit sehingga menyebabkan perubahan saldo pada rekening bank atau hutang. Transaksi yang termasuk di dalam menu Banking adalah Spend Money, Receive Money dan Reconcile Account. Transaksi tersebut meliputi pengeluaran cek, deposito, pencetakkan cek, penyesuaian catatan perusahaan dengan catatan bank, jurnal transaksi dan Cash flow, serta Print Cheques. Reconcile Account berfungsi seperti kita melakukan rekonsiliasi bank secara manual. MYOB memberikan fasilitas reconcile untuk semua perkiraan, seperti data kas/bank, Piutang dan Hutang, ketiga perkiraan inilah yang sering dilakukan cross check dengan pihak ekstern. Selain itu, Kita juga dapat melakukan reconcile untuk piutang karyawan dan account lainnya. Spend money diartikan sebagai transaksi yang bersifat mengeluarkan uang untuk keperluan usaha, yaitu pengeluaran uang selain untuk membayar hutang dagang/usaha. Seperti membeli perlengkapan/ATK, membayar biaya/beban usaha, mengeluarkan cek dari bank untuk keperluan intern/ekstern. Kita dapat menggunakan sistem pembayaran secara langsung dengan memilih Pay From Account lalu pilih jenis kas/bank yang mengeluarkan uang tersebut, dapat juga memilih jenis pengeluaran dengan Electronic Payment. Biasanya, jika Kita membayar secara tunai gunakan Pay From Account, tetapi jika membayar dengan Giro maka pilih Electronic Payment. Nanti saat Giro tersebut cair lakukan Prepare Electronic Payment dari modul Banking.
Berikut ini adalah contoh tahapan pencatatan pengeluaran kas pada bank yang dilakukan melalui spend money :
- Pada Command Centre, klik Modul Banking, lalu klik tombol Spend Money.
- Pada Pay From Account, pilih salah satu rekening yang digunakan.
- Pada Card, pilih nama customer atau vendor yang diinginkan.
- Pada Memo, isi keterangan yang menjelaskan transaksi tersebut.
- Pada Cheque No., isi nomor cek yang dikeluarkan atau slip pengeluaran.
- Pada Date, isi dengan tanggal transaksi.
- Pada Amount, isi dengan jumlah dana yang dikeluarkan.
- Pada Acct # (Allocation Account), isi dengan nomor rekening lawan dari Account terpilih di atas. Pada Amount, isi dengan nilai yang sama pada Amount yang ada di bagian atas.
- Pada Job, isikan denga kode job (jika ada).
- Pada Tax, isi dengan kode pajak (jika ada).
- Klik tombol Record jika telah selesai.
Contoh : Tanggal 31 Jan 2008, Membayar biaya-biaya pemasaran untuk periode bulan ini 1.300.000, Iklan 850.000, Entertainment 1.450.000 dan Transportasi 540.000 (dana BCA).
Tanggal 31 Jan 2008, Membayar jasa tenaga ahli untuk penyusunan laporan keuangan pajak 2.150.000 dengan dana BCA.
Tanggal 31 Jan 2008, Mengeluarkan dana BRI untuk keperluan pengisian kas 10.000.000.
Tanggal 7 Feb 2008 perusahaan membeli 1 unit AC LG dengan harga Rp 2.640.000,- transaksi tersebut dibayar dengan cek BCA.
Print Cheques digunakan untuk mencetak cek yang dikeluarkan perusahaan, seperti slip pengeluaran atau penggunaan kartu kredit yang ada hubungannya dengan transaksi yang terjadi. Pencetakkan cek secara langsung dari print tidak lazim digunakan di Indonesia, selain terkesan tidak otentik juga sering menimbulkan kesalahan letak (penempatan) kertas di print. Receive money adalah kebalikan daripada spend money, digunakan untuk mencatat jenis transaksi penerimaan kas/bank, seperti penerimaan pengembalian pinjaman dari karyawan, pendapatan bunga dari bank, dan penjualan aktiva selain inventory.
Contoh : Tanggal 2 Feb 2008, Perusahaan memperoleh hasil investasi dari PT. World Gold 12.340.000 dan PT. Buana Centre 8.455.000, hasil tersebut ditransfer ke BRI.
Tanggal 4 Feb 2008, Menjual saham biasa 1.000 Lbr dengan nominal Rp 1000/Lbr laku dijual dipasar dengan harga Rp 1.300/Lbr. Hasil penjualan diterima dalam bentuk Giro.
Prepare Bank Deposite adalah proses pencairan cek/giro yang diterima dari pelanggan atau card lainnya. Kita dapat mencairkan (Clearing) beberapa jenis giro pada satu tanggal yang sama atau juga bisa dilakukan ke beberapa jenis bank yang berbeda.
0 komentar:
Post a Comment