-->

Warna dari batuan beku

Warna dari batuan beku bisa putih, pink, abu abu terang, abu abu gelap, kehijauan ataupun hijau gelap ,hitam gelap.  Warna yang dipakai adalah warna yang terlihat dominan di batu itu. Warna dari batu tersebut adalah ceminan dari mineral mineral didalamnya ( ingat difinisi batu adalah merupakan kumpulan dari mineral mineral ).  Warna batu yang cerah atau terang maka komposisi mineralnya banyak didominasi oleh mineral mineral Felsic sehingga jenisnya dapat diprediksi kan sebagai batuan beku asam ataupun batuan beku piroklastik, sedangkan warna batu yang gelap maka komposisinya banyak didominasi oleh mineral mineral Mafic sehingga dapatlah diprediksikan sebagai batuan beku basa atau ultra basa, sedangkan warna campuran antara mineral Felsic dan mineral Mafic dalam jumlah relative seimbang akan menjadikan batu tersebut berwarna cenderung abu abu terang atau abu abu gelap , sehingga dapatlah diprediksikan sebagai batuan beku menengah atau jenis batuan beku intermediate. Mengapa dari warna hanya dapat diprediksikan saja ? mengapa tidak pasti ? Sehingga dapat muncul satu batu mempunyai dua atau lebih nama ?Karena tidaklah cukup kita memastikan nama batu hanya dari warnanya saja, tetapi juga harus didukung oleh tekstur dan prosentase mineral yang terdapat dalam batu tersebut.
Cara kerja menentukan warna pada batuan beku :
●   Amati warna yang dominan batuan beku yang ada dan tentukan warnanya , warna tidak selalu satu warna , tetapi bisa campuran, misal putih kecoklatan dan seterusnya.
●   Tulislah di lembar diskripsi mu



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment