-->

Struktur batuan beku

Struktur batuan beku adalah bentuk batuan beku dalam skala besar, seperti struktur lava bantal yang terbentuk di laut , struktur aliran dan lain lainnya. Bentuk struktur batuan sangat erat dengan waktu terbentuknya . Dibawah ini adalah macam – macam struktur batuan beku : 
 Struktur Masif apabila batu itu tidak menunjukkan adanya sifat aliran atau  lubang bekas keluarnya gas dan juga tidak ada xenolit .
 Struktur  Xenolit  apabila  batu yang kita amati didalam terdapat fragmen batu lain yang masuk (batu di dalam batu ) akibat peleburan yg kurang  sempurna .
 Struktur Vesikuler apabila batu  yg  kita  amati  tampak  berlubang lubang dengan arah yang  teratur. Lubang ini terbentuk akibat bekas keluarnya gas.
 Struktur Scoria apabila batu yg kita amati tampak berlubang lubang tetapi dengan arah yang tidak teratur .
 Struktur Amigdaloidal apabila batu yg kita amati tampak berlubang lubang tetapi lubang lubang itu telah terisi oleh mineral sekunder seperti mineral Zeolit mineral karbonat dan bermacam mineral silika .
 Struktur Pillow lava atau lava bantal ,seperti bantal guling ( terlihat dilapangan )
 Struktur Joint apabila batu yg kita amati tampak rekah rekah yang tersusun secara tegak lurus arah aliran ( disebut columnar joint atau kekar meniang dan disebut sheeting joint apabila bentuknya horizontal searah aliran magma. )

Dari bermacam struktur itu yang dapat diamati di laboratorium dengan handspecimen (contoh sebesar tangan ) hanyalah struktur masif, vesikuler, scoria dan amigdaloidal
saja. Selebihnya akan lebih baik bila diamati dilapangan langsung, dengan bimbingan guru.

Cara kerja menentukan Struktur pada batuan beku :
●   Amati tubuh batuan beku yang ada, apakah massif , apakah ada lubang lubangnya  dan sebagainya lalu tentukan nama strukturnya
●   Tulislah di lembar diskripsi mu 

Dibawah ini gambar ilustrasi dari jenis jenis struktur pada batuan beku









Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment