-->

Special Rivet


Special rivet dikenal juga dengan istilah blind rivet. Rivet ini dibuat unruk mengatasi kesulitan pada pemasangan rivet terutama daerah salah satu sisi telah tertutup komponen lain. Dengan rivet ini maka pemasangan rivet dapat dilakukan hanya dari salah satu sisi saja. ( Khusus rivet lock bolt tetap diperlukan dua sisi, tetapi penarikannya tetap pada satu sisi ).Dipasaran banyak sekali jenis rivet ini dengan bentuk maupun cara pemasangan dan tools yang berbeda.

  •  Cherry Lock Rivet
Rivet ini dibuat dalam dua type, yakni :
a. Bulbed cherry Lock
b. Standar Cherry Lock
1. Bentuk-bentuk kepala Cherry Lock Rivet
Sebagaimana solid shank rivet, rivet ini dibuat dengan beberapa type kepala ( haed style ). Yang umum dipakai adalah universal dan countersunk head rivet.Penggunaan rivet ini pada pesawat terbang ada dibagian interior dan eksterior dengan type dan ukuran-ukuran yang berbeda pula.

2. Rivet cherry Lock ( Standar ataupun bulbed ) terdiri dari :           

a. A self shering pulling stem yang bertuknya khusus sesuai dengan type rivet itu sendiri, yang akan patah dalam penarikan.
b. An Insert, dengan bentuk kepala universal atau  countersing.
c. A Locking Collar, sebagai pengunci rivet dalam pemasangan
3. Grip Length of Cherry Lock
Grip length menunjukan besarnya ketebalan material ( parts ) yang akan dirakit dengan cherry Lock rivet. 
Penentuan dari pada grip length ini dapat diketahui dengan menggunakan Grip Gage. Alat ini diukur dalam 1/16” dan ditandai dengan number.
Semua scherry lock rivet mempunyai penandaan grip length pada kepala rivet. Setiap rivet dengan grip lenggth tertentu memiliki kemampuan untuk mengikat ketebalan maksimum sesuai dengan tanda ( number ) dan ketebalan minimum lebih kecil 1/16”.






Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment