-->

PRINSIP-PRINSIP EKONOMI GERAKAN DIHUBUNGKAN DENGAN PERANCANGAN PERALATAN


a. Sebaiknya tangan dapat dibebaskan dari semua pekerjaan bila penggunaan dari perkakas pembantu atau alat yang dapat digerakan dengan kaki dapat ditingkatkan   
  Seringkali kita melihal bahwa peralatan yang banyak kita jumpai pada suatu pabrik hanya menunjukkan dijalankan oleh tangan saja. Hal ini mengakibatkan bagian tubuh lain termasuk kaki menganggur sepanjang siklus kerja tersebut. Jika dilihat yang dipunyai oleh kaki, untuk beberapa pekerjaan kekuatannya jauh lebih besar bila dibandingkan dengan kekuatan tangan. Sehingga bila kaki dapat dimanfaatkan untuk bekerja diharapkan hasil kerja tersebut dapat meningkat.
 
b. Sebaiknya peralatan dirancang sedemikian agar mempunyai lebih dari satu kegunaan  
  Bila suatu alat dapat dirancang untuk beberapa kegunaan dalam pemakaiannya,diharapkan bila alat tersebut akan dapat mengakibatkan peningkatan efisiensi dalam bekerja. Dari elemenelemen gerakan yang telah dibahas didepan, para pembaca tentu sudah dapat menguraikan pekerjaan mengambil kedalam elemenelemen gerakannya.Mengambil dapat diuraikan kedalam beberapa
elemen gerakan, dua diantaranya yang memerlukan waktu terpanjang adalah menjangkau dan membawa, kedua therblig ini sulit untuk dibilangkan karena merupakan therblig-therblig yang produktif.
 Dengan pemakaian lat yang mempunyai lebih dari satu kegunaan, diharapkan proses mengambil alat yang lain dalam satu pekerjaan dapat ditiadakan karena pekerjaan tersebut dapat pula dikerjakan oleh alat yang sedang dipakai. Tentu saja perancangan alat ini harus mempertimbangkan berdekatannya dua pekerjaa. Contoh dari alat ini adalah palu, selain dipakai untuk memukul paku,juga dirancang untuk dapat dipakai untuk mencabut paku. Seandainya palu tersebut tidak dirancang demikian, untuk mencabut diatas diperlukandua elemen gerakan lagi yaitu menjangkau tang atau gegep dan membawanya untuk dipakai mencabut paku.
 Beberapa contoh lain dari alat yang mempunyai kegunaan yang lebih dari satu adalah tespen dan kunci inggris.
 
c. Peralatan sebaiknya dirancang sedemilkian rupa sehingga memudahkan dalam pemegangan dan penyimpanan. 
Pemegangan dari suatu alat sebaiknya dirancang dengan memperhatikan ukuran-ukuran dan kenyamanan dalam pemegangnya . Salah satu contoh dapat dilihat pada pemegangngan tang, biasanya pemegang dirancang  dengan memakai lekukan-lekukan yang di harapkan lekukan-lekukan
tersebut dapat diisi oleh jari tangan, dengan demikian pemegangan  dapat dilakukan dengan kuat.
Perancangan peralatan juga harus diatur sedemikian rupa sehingga alat-alat tersebut dapat disimpan ditempat penyimpanan dan memungkinkan untuk mengambil secara mudah bila akan dipakai dalam pekerjaan selanjutnya. Hal ini dapat dihubungkan dengan salah satu therblig didepan yaitu mengarahkan sementara.

d. Bila setiap jari tangan melakukan gerakan sendirisendiri, misalnya seperti pekerjaan mengerjakan mengetik. Beban yang didistribusikanpada jari harus sesuai dengan kekuatan masing-masing jari.   Kedua tangan, yaitu tangan kanan dan kiri biasanya mempunyai kekuatan yang berbeda,tangan kanan sering dijumpai lebih kuat dari pada tangan kiri, meskipun oleh beberapa tipe pekerjaan hal ini dapat disamakan. Tidak demikian halnya dengan jari. sulit sekali untuk menyamakan kemampuan atau kekuatan tiap jari, pada umumnya jari telunjuk dan jari tengah merupakan jari yang terkuat diantara jari-jarinya, sehingga penugasan pada setiap jari harus dipertimbangkan sedemikian rupa sehingga beban yang diterimanya sesuai dengan perbandingan kekuatan yang dimilikinya.
 Menurut hasil penelitian Jann Hidayat Tjakraatmadja di Lab Tata Cara Kerja & Ergonomi Departemen Teknik Industri ITB dan Lab Fisiologi Fakultas Kedokteran UNPAD , beban yang dialami oleh masing-masing pada waktu mengetik dengan mesin tik yang  ada sekarang, tidak sesuai perbandingan kekuatan yang dimiliki oleh tiap jari.
 Untuk menyesuaikan perbandingan kekuatan terhadap pembebanan jari terhadap pengetikan bahasa Indonesia , peneliti diatas menyarankan susunan kata letak tombol yang baru.

e. Roda tangan, palang dan peralatan yang sejenis dengan itu sebaiknya diatur sedemikian sehingga beban dapat melayaninya dengan posisi yang baik, dan dengan tenaga yang minimum
 Yang dimaksud dengan sejenis peralatan di atas adalah peralatan yang sejenis dengan ro
da penggerak pada pintu air,kemudi kapal laut, roda pembuka lemari besi dan yang lainnya. Untuk dapat merangsang peralatan ini dengan baik, terlebih dahulu harus diketahui faktor-faktor dari peralatan tersebut yang dapat mempengaruhi dalam pemakaianya. Dengan demikian perancang dapat mengendalikan faktor-faktor tersebut untuk mendapatkan hasil yang baik dalam perancangannya.
Faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh pada kemudahan pelayanan terhadap peralatan diatas antar lain adalah : Posisi penempatan, diameter dan arah putar. Ketiga faktor inilah yang
memberikan pengaruh cukup besar karena pertama, posisi penempatan alat tersebut menentukan sikap pekerja yang melayaninya,apakah dilakukan dengan duduk atau membungkuk.
Kedua, diameter alat menentukan pada tenaga yang harus dikeluarkan oleh pekerja untuk memutar alat tersebut. Pada dasarnya bila pekerja dilakukan dengan sikap tegak dan putaran alat tidak terhalang oleh beban, diameter yang besar mengakibatkan kecilnya tenaga yang diperlukan.
Ketiga, arah putar juga menentukan pada besar kecilnya tenaga yang diperlukan. Hal ini dipengaruhi oleh kekuatan tangan kanan dan tangan kiri yang berbeda serta kekuatan untuk mendorong dan menarik yang juga berbeda, sehingga menentukan apakah sebaiknya tangan kanan yang mendorong atau tangan kiri yang mendorong pada pemutaran peralatan diatas harus direncanakan dengan baik.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment