-->

Mesin Bor

Mesin bor adalah salah satu mesin perkakas, yang secara umum digunakan untuk membuat lubang pada benda kerja. Mesin bor ini juga dapat dilakukan pekerjaan – pekerjaan yang lainnya seperti, memperluas lubang, pengeboran untuk tirus pada bagian suatu lubang atau pembenaman. Dalam pelaksanaannya pengeboran sesungguhnya adalah suatu poros yang berputar, di mana pada bagian ujungnya disambungkan mata bor yang dapat mengebor terhadap benda kerja. Secara umum arah putarannya searah jarum jam (clock wise). Ada juga purannya berlawanan arah dengan arah jarum jam untuk pemakaian khusus, contohnya untuk membuka baut (screw).
Mesin bor dapat  mengebor benda kerja secara terus menerus dan mempunyai kecepatannya dapat disetel sesuai kebutuhan.   

Bor, powernya secara umumnya dapat digerakan dengan :
1. Manual
2. Listrik
3. Angin ( pneumatic )
4. Battery

Pada manufacture pesawat udara, pemakaian mesin bor adalah mesin bor yang digerakkan dengan listrik dan angin.Umumnya lubang yang dibuat pada sheet metal aircraft structure adalah yang berdiameter kecil dan material yang dibor umumnya dibuat dari logam yang lunak. Oleh karena itu jarang dipergunakan drill motor yang besar dan yang mempunyai chuck lebih besar dari pada ¼ inchi. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment