-->

Gergaji Manual ( Hack saw )



  • Daun gergaji Manual (tangan)

Daun gergaji manual adalah alat pemotong dan pembuat alur yang sederhana. Pada bagian sisinya terdapat gigi-gigi pemotong yang telah disepuh. Pada umumnya daun gergaji manual terbuat dari baja perkakas ( tool steel ), baja kecepatan tinggi (hight speed steel) dan baja tungsten. Ukurannya ditentukan oleh panjangnya, tebalnya, lebar dan banyak gigi tiap inci. Panjang daun gergaji manual 16‟‟ sampai 12‟‟ diukur dari jarak antara lubangnya. Tebalnya 0,025‟‟ – 0,027‟‟ dan lebarnya 0,5‟‟ – 1 „‟. 
Sifat daun gergaji manual itu fleksibel ( lentur ).  Sehingga tidak mudah patah pada waktu pemakaian. Bagian yang dikeraskan (disepuh) hanyalah bagian gigi-giginya saja. Sedang bagian yang lainnya tidak disepuh. Perpaduan antara disepuh dengan tidak sisepuh ini mengakibatkan daun gergaji tidak mudah patah (rapuh). Berbeda dengan daun gergaji mesin. Gergaji mesin semuanya dikeraskan, sehingga gergaji mesin itu keras tapi rapuh.
Daun gergaji terdiri dari dua macam letak gigi pemotong yaitu;



 a. Gigi pemotong satu  sisi (Single cut) 

 
b.  Gigi pemotong dua sisi (Double cut).  
 
Daun gergaji yang bergigi tunggal khususnya dipergunakan untuk memotong pekerjaan yang tebalnya melebihi lebar daun gergaji itu. Dan daun gegrgaji yang bergigi kembar dipergunakan  untuk memotong pekerjaan yang tebalnya kurang dari lebar daun gergaji tersebut. Bila pekerjaan yang dipotong lebih tebar dari lebar daun gergaji itu, maka gigi-gigi sisi lannya ikut tergesek yang mengakibatkan disamping menambah beban gesek, mata sisi bagian atas akan cepat tumpul.


Keuntungan dari kedua jenis daun gergaji tersebut khusus untuk pekerjaan yang mempunyai ketebalan kurang dari lebar daun gergaji, mata gergaji ganda tentu lebih menguntungkan. Karena apabila yang satu tumpul, ada cadangan.

  • Bentuk gigi gergaji :
a. Lurus
 
 b. Silang
Jumlah gigi per inch dan pemakaiannya


a. Jumlah gigi/inch= 14 – 18 digunakan untuk bahan pejal, tembaga, dan besi tuang.
b. Jumlah gigi/inch=22 – 24 digunakan untuk bahan dengan bentuk  tebal dan baja karbon tinggi.
c. Jumlah gigi/inch= 28 – 32 digunakan untuk bahan dengan bentuk tipis, pelat, kawat, dan pipa tipis.

  • Pemakaian Mata Gergaji

  • Memasang daun gergaji

Cara-cara memasang daun gergaji dengan baik adalah sebagai berikut:

1. Pemasangan daun gergaji gigi potongnya harus menghadap kedepan


2. Lubang-lubang daun gergaji dimasukan pada pen yang terdapat pada baut sengkang, kemudian mur pengikatnya di kencangkan.

3. Pemasanggannya tidak boleh terlalu kendor dan tidak boleh terlalu tegang. Terlalu kendor mengakibatkan kedudukan gergaji tidak tetap sehingga dapat patah waktu didorong kedepan. Jika terlalu tegang dapat juga mengakibatkan patah, terutama diwaktu memotong benda yang tebal, karena pemuaian karena panas gesekan akan membuat daun gergaji rapuh.

4. Jika benda yang dipotong kurang dari lebar sengkangnya, maka kedudukan daun gergaji, harus sejajar dengan sengkan.  

5. Jika benda yang dipotong melebihi lebar sengkang, maka kedudukan daun gergaji diputar 90ยบ sehingga sengkang tersebut tidak terhalang oleh pekerjaan yang di potong.



  • Bentuk bentuk sengkang gergaji 








Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment