-->

Analisis Cara Kerja (Method Study)

Method Study adalah suatu penvatatan, analisa dan pemeriksaan masalah kritis secata sistematis kondisi sekarang dan cara usulan dalam menyelesaikan pekerjaan dan mengembangkan dan menerapkan cara yang lebih baik mudah dan method yang lebih efektif.
Method Study atau Analisis Cara Kerja berhubungan dengan perencanaan dan standarisasi usaha manusia  (human effort) dan peralatan untuk menjaga agar produksi berjalan lancer. Dalam  analisisnya method study juga memperhatikan aspek biaya dalam pemakaian bahan, pelayanan, gudang, fasilitas dan sebagainya. Contoh hasil yang dapat diperoleh dengan penerapan Method study anatara lain pemakaian bahan dengan lebih efektif, pemakaian pabrik dan peralatan dengan lebih efektif, pemakaian sumber daya manusia dengan lebih efektif dan sebagainya.
Method Study bukanlah metoda baru untuk memecahkan masalah seperti tersebut diatas, tetapi lebih merupakan penyajian baru prinsip-prinsip yang telah lama dikenal.

Sasaran (Object) Method Study
- Memperbaiki proses dan prosedur
- Memperbaiki tata letak pabrik, bengkel dan stasiun kerja dan merancang peralatan pabrik/tempat kerja.
- Mengekonomiskan usaha manusia dan menghindarkan dari kelelahan yang tidak perlu
- Memperbaiki pemakaian bahan, mesin dan sumber daya manusia
- Mengembangkan lingkungan kerja fisik yang lebih baik



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment