Hubungan Persepsi Kualitas dengan Keputusan Pembelian
Persepsi terhadap kualitas keseluruhan dari suatu produk atau jasa dapat
menentukan nilai dari produk atau jasa tersebut dan berpengaruh secara langsung
kepada keputusan pembelian konsumen dan loyalitas mereka terhadap merek
(Durianto, et al., 2004). Persepsi kualitas yang baik akan mendorong keputusan
pembelian dan menciptakan loyalitas terhadap produk tersebut. Selanjutnya
mengingat persepsi konsumen dapat diramalkan maka jika persepsi kualitasnya
negatif, produk tidak akan disukai dan tidak akan bertahan lama di pasar.
Sebaliknya, jika persepsi kualitas pelanggan positif maka produk akan disukai.
Banyak konteks menyebutkan persepsi kualitas sebuah merek menjadi
alasan penting pembelian serta merek yang mana akan dipertimbangkan
pelanggan, yang pada gilirannya akan mempengaruhi pelanggan dalam
memutuskan merek yang akan dibeli (Durianto, et al., 2004). Selain itu persepsi
kualitas yang terkait erat dengan keputusan pembelian maka persepsi kualitas
dapat mengefektifkan semua elemen program pemasaran khususnya program
promosi (Durianto, et al., 2004).
Persepsi merupakan realitas yang dinyatakan oleh konsumen dalam
membuat keputusan, hal ini disebutkan Cleland dan Bruno dalam Simamora
(2002) bahwa kualitas ada bila telah masuk ke dalam persepsi konsumen (quality
only as is perceived by customers) yang berarti bila konsumen telah
mempersepsikan kualitas sebuah produk sebagai bernilai rendah, maka kualitas
produk itu rendah dan sebaliknya apapun kualitasnya. Maka disini persepsi
menjadi lebih penting dari pada realitas karena konsumen membuat keputusannya
berdasarkan persepsi bukan realitas.
Menurut Schiffman dan Kanuk dalam Lindawati (2005) konsumen percaya
bahwa berdasarkan evaluasi mereka terhadap kualitas produk akan dapat
membantu mereka untuk mempertimbangkan produk mana yang akan mereka
beli. Menurut Lindawati (2005) sendiri menyatakan beberapa peneliti telah
mencoba untuk mengintegrasikan konsep kualitas produk sebagai dasar pembelian
produk oleh konsumen dan sebuah studi menunjukkan bahwa dengan adanya
produk quality akan menyebabkan tingkan pembelian yang semakin tingi pula.
Lebih lanjut dalam penelitiannya, Vranesevic (2003) memasukkan salah
satu variabelnya yaitu persepsi terhadap kualitas dalam proses pembelian diantara
alternatif yang ada dimana konsumen akan pertama kali mempersepsikan merek
sebagai tanda kualitasnya (penampilan fisik dan pengemasan, harga, dan reputasi
dalam jaringan penjualan). Hasil akhir penelitiannya menunjukkan hal yang sama
bahwa persepsi atas kualitas menjadi faktor dominan dalam pemilihan merek,
implikasinya ditunjukkan dalam fakta dimana terjadi probabilitas peningkatan
melalui tingkat pembelian serta kekuatan di dalam persaingan.
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan suatu
hipotesis sebagai berikut:
Persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
0 komentar:
Post a Comment