Hubungan Emphaty dengan Kepuasan Konsumen
Menurut Parasuraman. Dkk. 1998 dalam Lupiyoadi dan Hamdani
(2006:182), empati (emphaty) yaitu perhatian dengan memberikan sikap yang
tulus dan berifat individual atau pribadi yang diberikan perusahaan kepada
pelanggan seperti kemudahan untuk menghubungi perusahaan, kemampuan
karyawan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan usaha perusahaan untuk
memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dimana suatu perusahaan
diharapkan memiliki pengertian dan pengetahuan tentang pelanggan, memahami
kebutuhan pelanggan secara spesifik, serta memiliki waktu pengoperasian yang
nyaman bagi pelanggan.
Dari pengertian dia atas dapat disimpulkan kepedulian yaitu perhatian
khusus atau individu terhadap segala kebutuhan dan keluhan pelanggan, dan
adanya komunikasi yang baik antara pegawai objek wisata dengan pelanggan.
Dengan adanya perhatian khusus dan komunikasi yang baik dari pegawai suatu
objek wisata atas pelanggan akan berpengaruh juga pada kepuasan pelanggan
karena pelanggan akan merasa diperhatikan oleh perusahaan yaitu apa yang
dibutuhkan dan dikeluhkannya ditanggapi secara baik oleh pihak perusahaan.
Atribut-atribut yang ada dalam dimensi ini adalah (Parasuraman , 2005) dalam
Ramdan (2008):
a. Memberikan perhatian individu kepada konsumen
b. Karyawan yang mengerti keinginan dari para konsumennya
Hubungan kepedulian dengan kepuasan konsumen adalah kepedulian
mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Semakin baik
persepsi konsumen terhadap kepedulian yang diberikan oleh perusahaan maka
kepuasan konsumen juga akan semakin tinggi. Dan jika persepsi konsumen
terhadap kepedulian yang diberikan oleh perusahaan buruk maka kepuasan
konsumen juga akan semakin rendah. Penelitian yang dilakukan oleh Hasan (
2006 ) menyebutkan bahwa variable compliance, assurance, tangibles, reliability,
responsiveness, empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan.
Atas dasar uraian diatas, maka dapat disajikan hipotesis sebagai
berikut :
Emphaty / kepedulian berpengaruh positif terhadap kepuasan
konsumen
0 komentar:
Post a Comment