-->

Analisis Permintaan Ternak Ruminansia


Panduan dasar untuk menganalisis permintaan sangat tergantung pada market base data. Persoalan yang muncul dan berhubungan dengan market base data umumnya berkisar atas pertanyaa-pertanyaan berikut :
1. Permintaan meningkat, sedangkan pasokan tetap
2. Permintaan meningkat, sedangkan pasokan menurun
3. Permintaan tetap, sedangkan pasokan menurun
4. Permintaan menurun, sedangkan pasokan menurun lebih cepat
Faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan permintaan antara lain adalah pertambahan penduduk, peningkatan pendapatan, perkembangan mode, penurunan tingkat harga.

  • Identifikasi Kendala Pemasaran

Identifikasi kendala pemasaran yang ada ataupun yang mungkin muncul pada lingkungan pemasaran dari produk/jasa yang dihasilkan dari pilihan usaha adalah suatu proses kegiatan yang sangat penting, karena dengan menemukan kendala-kendala yang ada, dapat dilakukan penilaian apakah kendala-kendala itu masih dapat diatasi dengan kekuatan yang ada atau sebaliknya. Jika dapat diatasi, berarti rencana untuk mendirikan atau mengembangkan usaha tesebut dapat diteruskan,dan jika dirasakan bahwa kendalanya terlalu berat dan sulit diatasi dengan kekuatan yang ada, berarti seluruh kegiatan untuk mewujudkan ide atau gagasan pendirian usaha itu dapat dihentikan.
Kendala-kendala umum yang muncul dalam masalah pemasaran suatu produk/jasa antara lain sebagai berikut : keterbatasan modal, keterbatasan teknologi, kelangkaaan bahan baku dan bahan baku pengganti, keterlambatan informasi, tuntutan skala produksi, elastisitas harga terhadap penawaran rendah, kendala penyimpanan, kendala birokrasi, peraturan dan lingkungan.

Sumber :
Direktorat Pembinaan SMK. Agribisnis Pembibitan Ternak Ruminansia Untuk Kelas 11 Semester 3. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment