-->

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI [JURNAL]


LINK DOWNLOAD : PDF

Ade Irma Khairani
Politeknik Negeri Medan

ABSTRAK
Tulisan ini membahas tentang pendidikan bahasa Inggris untuk anak usia dini
(English for Young Learners). Kemampuan seseorang dalam menggunakan
bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan seiring dengan kemajuan sebuah negara.
Karenanya pendidikan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional mulai
diperkenalkan sedini mungkin kepada anak didik di Indonesia saat ini.
Pendidikan bahasa Inggris akan sangat ideal jika dimulai sejak usia dini, terutama
sebelum mereka menginjak umur 12 tahun. Anak usia dini adalah anak pada
rentang usia 2 – 7 tahun. Pada rentang usia tersebut merupakan periode emas
perkembangan kemampuan berbahasa anak. Mereka mampu belajar bahasa
apapun seperti penutur aslinya dan periode ini harus dimanfaatkan sebaik-
baiknya. Akan tetapi, anak-anak pada usia dini masih pada kondisi
perkembangan kognitif praoperasional yaitu memiliki egosentris yang tinggi,
belum mengerti hal-hal abstrak, hanya mengerti pada simbol-simbol dan masih
berpikiran pra-logis. Oleh sebab itu, EYL membutuhkan metode dan proses
pengajaran yang tepat dan efektif. Ada beberapa metode dan teknik yang sesuai
untuk pengajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini antara lain dalam konteks
yang komunikatif meliputi konteks situasi sosial, kultural, permainan, nyanyian
dan musik, pembacaan cerita, pengalaman-pengalaman kesenian, kerajinan
tangan dan mengutamakan gerakan fisik. Dan diantara metode dan teknik
tersebut maka pendekatan dengan lagu nyanyian dan gerak adalah metode yang
sangat sesuai dan berhasil dalam pendidikan bahasa Inggris untuk anak usia dini.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment