Minat Konsumen Terhadap Beras Organik di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah
WIDODO, DIAH RINA KAMARDIANI, LESTARI RAHAYU
Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
pakw2007@yahoo.co.id
INTISARI
Berbagai kasus keracunan bahan makanan menyebabkan masyarakat semakin selektif dalam memilih bahan pangan dengan mempertimbangkan kesehatan dan keamanan pangan. Kesadaran dan preferensi konsumen terhadap pangan sehat mengakibatkan semakin meningkatnya konsumsi pangan organik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap persepsi konsumen terhadap produk pertanian organik dan menjelaskan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. Data primer dikumpulkan dari 120 responden, selanjutnya dianalisis menggunakanregresi logit binomial. Hasil penelitian mengungkapkan konsumen beras organik berasal dari berbagai kelompok masyarakat, namun mayoritas berasal dari konsumen berpendapatan tetap, berpendidikan cukup tinggi, dengan ukuran keluarga yang kecil. Konsumen beras organik dicirikan dengan kepedulian terhadap keluarga, persepsi terhadap tingkat kemurnian dan kepedulian terhadap kesehatan lingkungan pertanian yang tinggi. Namun, konsumen masih mempunyai persepsi yang termasuk dalam katagori sedang terhadap praktek pertanian organik; hasil pertanian organik masih dipersepsikan sebagai produk yang mempunyai harga mahal. Meningkatnya kepedulian terhadap keluarga, persepsi terhadap tingkat kemurnian, kepedulian terhadap kesehatan lingkungan pertanian, dan persepsi terhadap praktek pertanian organik akan meningkatkan minat beli konsumen terhadap beras organic.
Kata kunci: beras Kata kunci organik, minat konsumen, kepedulian konsumen, persepsi konsumen
Download : JURNAL
0 komentar:
Post a Comment