Kesediaan Membayar Produk Sayuran Organik di Pasar Modern Jakarta Selatan
VICKITRA AUFANADA 1 , T. EKOWATI1 , W. D. PRASTIWI1
1 Program Studi Agribisnis, Universitas Diponegoro
vickitraa@gmail.com
INTISARI
Produk sayuran organik cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran non organik, sehingga sebagian konsumen menganggap produk sayuran organik sebagai produk pangan yang mahal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesediaan membayar produk sayuran organik dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dilaksanakan di 6 pasar modern wilayah Jakarta Selatan dengan 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik quota sampling. Data dianalisis menggunakan analisis contingent valuation method (CVM) untuk mengetahui nilai kesediaan membayar produk sayuran organik dan analisis regresi logistik untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 82% konsumen bersedia membayar lebih dengan peningkatan 8,5% -15% dari harga produk saat ini. Faktor yang secara signifikan mempengaruhi kesediaan membayar produk sayuran organik adalah tingkat pendidikan, jumlah pendapatan per bulan, dan kualitas produk.
Kata Kunci: CVM, kesediaan membayar, pasar modern, sayuran organik.
Download : JURNAL
0 komentar:
Post a Comment