-->

Teka-Teki Logika untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Timur

Ryan Angga Pratama1*; Ari Musdolifah2

1Pendidikan Matematika, Universitas Balikpapan, Indonesia

2Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan, Indonesia

1*E-mail: ryan.angga@uniba-bpn.ac.id


Abstrak

Keberhasilan pembelajaran matematika didukung oleh kemahiran guru dalam melaksanakan aktivitas pengajaran serta kesadaran peserta didik dalam mengikuti aktivitas pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pembelajaran dibutuhkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan atau kemampuannya dalam mengelola kelas. Guru harus memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang strategi dan model pembelajaran yang bervariasi. Untuk itu, perlu diadakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, kreatif, serta mampu memberikan daya tarik agar siswa dapat mengekspresikan dirinya dalam belajar dan tidak mengalami kejenuhan, sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. Dalam kegiatan pembelajaran, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan suatu pembelajaran yang mampu mengoptimalkan logika berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal non-rutin di sekolah, yakni Teka-Teki Logika Matematika. Melalui pemberian soal tantangan berupa Teka-Teki Logika Matematika, siswa/i memperoleh pengetahuan dan pemahaman mengenai teka-teki logika matematika, memperoleh pengalaman belajar yang baru, berani mengemukakan gagasan dan mampu menjawab berbagai macam persoalan non-rutin dan persoalan logika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, serta siswa/i lebih termotivasi dalam belajar matematika.

Kata Kunci: teka-teki logika matematika, pembelajaran matematika

Download : JURNAL



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment