-->

Penyusunan Teks Tantangan secara Berkelompok bag 4

 

Tugas 4 Meringkas Teks Tantangan

Pada Tugas 4 ini kamu diminta meringkas teks “Pembatasan Solar Pengaruhi Kesejahteraan Buruh” dalam beberapa paragraf. Setiap paragraf terdiri atas lima atau enam kalimat. Cara meringkas dapat kamu lakukan dengan mencatat ide-ide pokok yang ada di dalam teks itu, kemudian kamu buat ide-ide pokok itu menjadi kalimat. Kalimat yang dibuat harus kalimatmu sendiri, tidak diambil secara utuh dari kalimat di dalam teks. Perlu kamu perhatikan bahwa dalam membuat ringkasan kamu harus memulai dengan pengantar, isu; argumen menentang; dan simpulan. Teks yang kamu ringkas adalah sebagai berikut.


Pada bagian akhir tugas penyusunan teks secara berkelompok ini, kamu diminta menyusun teks tantangan, tetapi data atau teksnya belum ada. Kamu harus mencari data teks tantangan di media massa cetak atau elektronik. Data-data itu kemudian kamu jadikan kalimat-kalimat yang mudah dipahami. Kalimat-kalimat itu kamu gabung dengan menggunakan konjungsi yang sesuai sehingga menjadi paragraf yang baik. Apabila paragraf itu digabung dan diletakkan sesuai dengan bagian struktur teks tantangan, teks yang kamu susun akan menjadi sebuah teks tantangan yang mudah untuk dipahami.
Untuk mengerjakan kegiatan ini, penugasan yang dilakukan adalah data teks melalui penugasan proyek pada bab-bab sebelumnya. Berikut ini disajikan contoh desain kegiatan penyusunan teks berbasis proyek.


Sekarang coba kamu rancang kegiatan penyusunan teks tantangan berbasis proyek dengan mengisi format seperti berikut. Agar penyusunan teks tantangan tertata dengan baik, lakukanlah tugas berikut sesuai dengan perintah dalam kelompok yang anggotanya terdiri atas  3—5  orang!



Untuk menindaklanjuti desain kegiatan penyusunan teks tantangan yang sudah kamu buat itu, kerjakanlah tugas-tugas berikut!
1) Carilah data berupa teks tantangan di media massa cetak atau elektronik seperti di koran, majalah, atau internet!
2) Olah (ubah) data di dalam teks itu menjadi kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dipahami. Kamu harus menggunakan konjungsi intrakalimat (seperti dan, tetapi, karena) yang sesuai untuk menghubungan data kata itu menjadi kalimat benar.
3) Kelompokkan kalimat-kalimat yang telah kamu susun itu ke dalam bagian struktur teks tantangan, yaitu isu (masalah), argumen menentang, dan simpulan. Untuk memudahkanmu, lakukan tugas butir 1, 2, dan 3 di atas dalam format seperti berikut! Butir No.1 dapat kamu jadikan sebagai contoh pengisian berdasarkan Teks “Pembatasan Solar Pengaruhi Kesejahteraan Buruh”



Untuk menindaklanjuti format yang kamu isi itu, lakukan tugas berikut!
1) Susun dan gabungkanlah kalimat-kalimat dalam kolom pengolahan data yang telah dikelompokkan itu menjadi sebuah paragraf yang baik dan mudah dipahami. Agar keterkaitan di antara kalimatkalimat dalam setiap bagian itu tampak, kamu harus menggunakan konjungsi antarkalimat, seperti akan tetapi, sementara itu, walaupun demikian.
2) Susun dan gabungkanlah paragraf-paragraf tersebut sesuai dengan urutan bagian struktur teks tantangan yang diawali dengan bagian isu, masalah, argumen menentang, lalu ditutup dengan simpulan.
3) Agar teks yang kamu susun itu penggunaan bahasanya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, cermati dan teliti kembali hasil karyamu itu. Kamu dapat menggunakan buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
4) Agar hasil kerja kelompokmu itu tertata dengan baik, masukkan teks hasil penyusunanmu itu ke dalam format seperti berikut.




Kamu tentu senang karena sudah dapat menghasilkan teks tantangan secara berkelompok sesuai dengan ciri teks tantangan. Kamu juga sudah menerapkan penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang berlaku. Akan tetapi,  jangan lupa bahwa bahasa lisanmu juga harus dilatih. Untuk itu, lakukanlah tugas-tugas berikut!
1) Lakukanlah latihan melafalkan (pronunciation) tentang kata, istilah, dan lagu kalimat yang ada di dalam teks yang telah kamu susun!
2) Ceritakan teks tantangan yang kamu hasilkan tersebut kepada anggota kelompok lain. Kamu boleh membawa catatan kecil yang berisi katakata kunci dan urutan kejadian tentang teks yang kamu susun!
3) Ceritakan hasil penyusunan teks kerja kelompok yang kamu tulis itu di depan kelas. Kamu boleh membawa catatan kecil yang berisi katakata kunci dan urut-urutan kejadian!

Agar hasil kerja kelompokmu dapat dibaca orang lain, gabunglah dengan hasil kerja kelompok lain. Kemudian, hasil tugas itu kamu berikan ke perustakaan sekolah sehingga lebih bermafaat.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment