-->

Autoclave

Autoclave  adalah alat untuk mensterilkan berbagai macam alat dan media yang digunakan dalam mikrobiologi dengan menggunakan uap air panas bertekanan.Tekanan yang digunakan pada umumnya 15 Psi atau sekitar 2 atm dengan suhu 121oC (250oF). Jadi tekanan yang bekerja ke seluruh permukaan benda adalah 15 pon tiap inchi2 (15 Psi = 15 pounds per square inch). Medium yang akan disterilkan ditempatkan di dalam autoclave selama 15-20 menit, hal ini bergantung pada banyak sedikitnya barang yang perlu disterilkan. Medium yang akan disterilkan ditempatkan dalam beberapa botol yang agak kecil daripada dikumpul dalam satu botol yang besar. Setelah pintu autoclave ditutup rapat, barulah kran pada pipa uap dibuka dan temperatur akan terus-menerus naik sampai 121oC. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 52.
 
Cara menggunakan autoclave:
a). Sebelum melakukan sterilisasi cek dahulu banyaknya air dalam autoclave. Jika air kurang dari batas yang ditentukan, maka dapat ditambah air sampai batas tersebut. Gunakan air hasil destilasi, untuk menghindari terbentuknya kerak dan karat. 
b). Masukkan  peralatan  dan  bahan yang akan dilakukan sterilisasi misalnya tabung reaksi, petridish/cawan petri yang dibungkus kertas steril.  Jika  mensterilisasi  botol  bertutup  ulir, maka tutup harus dikendorkan agar kestrerilan alat didalamnya terjamin.
c).   Tutup autoclave dengan  rapat, pastikan tanda -> bagian atas persis dengan tanda -> juga yang bagian bawah supaya dapat tertutup sempurna,  lalu kencangkan baut pengaman (mengencangkan ke arah kanan dan membuka kearah kiri alirannya). Lalu klep udara (ada dibagian atas) diposisikan tertidur dari tegak.
d). Nyalakan  autoclave,  diatur  timer  dengan  waktu  minimal  15  menit  pada  suhu 121oC (suhu optimal dimana mikroba akan terdenaturasi).
e). Tunggu sampai air mendidih biasanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam sehingga uapnya memenuhi kompartemen autoclavedan  terdesak  keluar  dari  klep  pengaman.  Kemudian  klep  pengaman  ditutup (dikencangkan) dan tunggu sampai selesai. Penghitungan waktu 15’ dimulai sejak tekanan mencapai 2 atm. 
f).  Jika  alarm  tanda  selesai  berbunyi maka suhu sudah menunjukkan angka 121oC/lebih, naikkan klep uap/klep udara hingga udara/tekanan keluar semua,   tunggu  tekanan  dalam  kompartemen turun  hingga  sama  dengan  tekanan  udara  di  lingkungan  (jarum pada  preisure gauge  menunjuk  ke  angka  nol).  Kemudian  klep-klep  pengaman  dibuka  dan keluarkan isi autoclave dengan hati-hati.
g.  Turunkan lagi tuas on/off agar dalam posisi off lalu copot kabelnya. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment