-->

Manfaat dan Peran Cuaca

Keadaan atmosfir dari waktu ke waktu mengalami perubahan, misal ketika hujan maka suhu udara lebih dingin, ketika malam lebih dingin dibandingkan siang hari. Oleh karena itu sifat data cuaca dan iklim adalah data diskontinyu yang terdiri dari data radiasi surya, lama penyinaran surya, presipitasi (hujan, hujan es, salju dan embun) dan penguapan (evaporasi dan transpirasi)dsb. Penyajian datanya dalam bentuk nilai akumulasi dan ditampilkan dalam grafik histogram. Sedangkan data kontinyu yang terdiri dan suhu, kelembaban, tekanan udara dan angin disajikan dalam angka-angka sesaat atau rata-rata dan grafiknya dalam bentuk kurva.

Cuaca merupakan peristiwa fisik yang berlangsung di atmosfer pada suatu saat dan tempat/ruang tertentu, yang dinyatakan dalam berbagai variabel dan disebut unsur cuaca. Unsur cuaca diamati satu atau beberapa kali dalam sehari sebagai data cuaca diurnal, yang selanjutnya hasil pengamatannya dalam setahun sebagai data harian dan setahun. Jika data pengamatan dikumpulkan selama beberapa tahun yang merupakan data historis jangka panjang tentang perilaku atmosfer yang mencirikan iklim. Sehingga hasil pengamatan data tersebut merupakan informasi penting pada berbagai bidang terutama yang berkaitan dengan kehidupan manusia seperti kehutanan dan pertanian, penerbangan, hidrologi dan pengairan serta kesehatan masyarakat. 

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari informasi cuaca/iklim adalah :
1. Sebagai peringatan dini dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh cuaca/iklim yang ekstrim seperti banjir, kekeringan dan angin kencang.
2. Menyelenggarakan kegiatan atau usaha dibidang teknik, ekonomi dan sosial yang sesuai dengan ciri dan sifat cuaca/iklim, sehingga dapat dihindari kerugian yang diakibatkannya.  3. Melaksanakan kegiatan tersebut sebaiknya memamfaatkan pula teknologi pemanfaatan sumber daya cuaca/iklim.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment