-->

Prinsip pengkonvergensian Tabung dengan Kedok Celah-Celah

Pada sistim penembak elektron delta sangat diperlukan pembenaran konvergensi dinamis. Tiap titik akan terpusat (terfokus) didalam tabung, tidak terpusat pada layar, dikarenakan layar yang hampir-hampir datar dan karakteristik dari kumparan pembelok.

Dari gambar 13.24 tampak bahwa tabung dengan penembak delta menghasilkan cacat gambar. Berkas -berkas sinar hanya terpusat pada tengah-tengah layar dan makin tidak terpusat jika makin jauh dari tengah layar. Untuk mendapatkan berkas-berkas sinar yang terpusat diseluruh permukaan layar dibutuhkan pengkoreksian defleksi sendiri untuk setiap berkas. Pengkoreksian berubah-ubah tergantung pada arah dan jarak pembelokkan dari pusat. Untuk tabung dengan sudut 110 derajat dibuat kira-kira 18 pengaturan. Cara ini jelas akan memerlukan waktu panjang. Jika ketiga penembak elektron diletakkan berjajar dalam suatu garis seperti dengan tabung : IN LINE” berkas-berkas sinar akan terpusat walaupun layar datar dan karateristik dari kumparan pembelok tidak optimal. Pada gambar 3 ditampakkan juga bahwa ketiga berkas-berkas sejajar tidak mempunyai lagi kesalahan vertikal, dan karena itu kefokusan berada dalam satu garis. Sekarang medan magnet pembelok horisontal dirancang bahwa berkasberkas terfokus diseluruh layar. Hanya pembelokkan vertikal yang masih tetap akan menghasilkan efek bantal yang harus dihilangkan.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment