-->

Konvergensi Dinamis

Pembelokkan-pembelokkan berkas elektron keseluruhan permukaan layar, pada tabung gambar warna akan mengakibatkan kesalahankesalahan :
- Bentuk bantal , terjadi karena permukaan layar yang hampir-hampir datar hal ini juga terjadi pada televisi hitam putih
- Bentuk trapesium, terjadi karena susunan dari penembak delta .


Pengkoreksian bentuk bantal dan trapesium dilakukan secara terpisah pada kumparan konvergensi dan pembelok . Pengoreksian bentuk trapesium dimaksudkan untuk membenarkan bentuk trapesium yang dibuat oleh letak pembelok yang tak segaris. Pengkoreksian ini dengan menambahkan arus parabola dan arus gigi gergaji.

Setelah pengoreksian bentuk trapesium hanya tertinggal kesalahan bentuk bantal kesalahan ini dibenarkan dengan merubah arus pembeloknya. Pada pengoreksian arah Timur Barat adalah pengoreksian arah horizontal. Besar aruspembelokkan pada tengah layar(baris ke 301) adalah maksimum dan menurun parabola pada baris ke 1 dan 601.Hal tersebut terjadi secara periodik setiap setengah gambar. Pada pengoreksian arah Utara-Selatan, dimodulasi arus pembelok vertikal dengan arus parabola berfrekuensi horizontal. Pemodulasi tersebut dapat dilakukan dengan transduktor . Transduktor adalah inti feromagnetik yang mempunyai dua gulungan beban dan satu gulungan kemudi. Dua gulungan beban tersebut diserikan saling berlawanan sehingga tak terjangkit tegangan induksi diantara keduanya. Induksi diri dalam kumparan beban berubah-ubah, tergantung kondisi inti. Kian besar arus dalam gulungan kemudi, kian jenuhlah inti, maka induksi diri didalam kumparan beban akan berkurang.




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment