INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA [PAPER]
Berbahasa merupakan kegiatan yang selalu mengisi berbagai bidang kehidupan
umat, misalnya, bidang ekonomi, hukum, politik, dan pendidikan. Kegiatan tersebut
berlangsung, baik secara transaksional maupun interaksional. Melalui kegiatan tersebut
pemakai bahasa berusaha memerikan, memaparkan, memberikan alasan, menceritakan,
atau menyarankan sesuatu. Bahkan, van Ek dan Alexander (dalam Brown,1994:234)
mendaftar 70 fungsi bahasa.
Dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan bahasa, penggunaan bahasa
dikemas dalam empat aspek keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, berbicara,
dan menulis). Keempat aspek keterampilan berbahasa tersebut menjadi landasan
pembelajaran sejak SD hingga perguruan tinggi. Setiap pebelajar diberdayakan
kompetensinya untuk menguasai keempat aspek tersebut (meskipun sulit mencari orang
yang menguasai keempatnya).
Download : PDF
0 komentar:
Post a Comment