-->

Penentuan Jarak Tanam

Penentuan jarak tanam, biasanya tergantung pada varietas padi, musim tanam, dan kondisi lahan/tingkat kesuburan tanah yang akan ditanami. 
Jarak tanam dapat menggunakan sistem tegel (20 x 20 cm atau 25 x 25 cm atau 27 x 27 cm) dan/atau sistem legowo-2 (20 x 10 x 40 cm atau 25 x 12,5 x 50 cm atau 27 x 13,5 x 50 cm) tergantung tinggi tempat, kesuburan lahan dan varietas yang ditanam.


Sesuai dengan anjuran BPSB jarak tanan dibuat mengikuti jarak tanam jajar (tandur jajar) legowo 2: 1, 4: 1, atau 5: 1 dengan tujuan untuk mempermudah seleksi tanam yang tumbuh menyimpang.

Adapun maksud dari ditentukannya jarak tanam adalah:
1) Agar tidak terjadi persaingan yang hebat untuk mendapatkan unsurunsur makanan dan cahaya matahari.
2) Agar dalam melakukan penyiangan, pemupukan, dan pengairannya menjadi lebih optimal.  Selain cara tanam tersebut di atas, ada cara tanam menggunakan metode jajar legowo 2-1. Dengan jarak tanam 15 x 25 cm dan tanaman perlubang adalah cukup 1 rumpun.

Cara tanam padi sawah menggunakan metode ini memang terlihat sedikit jarang, tapi nantinya akan sangat bagus bagi perkembangan dan pertumbuhannya karena ada ruang yang memadai dalam: 
1) pemupukan, 
2) pengaturan air,
3) pengendalian gulma, dan
4) optimalisasi pemanfaatan cahaya matahari.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment