-->

ANTROPOMETRI PADA POSISI DUDUK

Dinamika posisi duduk dapat lebih mudah digambarkan dengan mempelajari mekanika sistem penyangga dan keseluruhan struktur tulang yang terlibat di dalam geraknya. Sumbu penyangga dari batang tubuh yang diletakkan dalam posisi duduk adalah sebuah garis pada bidang datar koronal, melalui titik terendah dari tulang duduk (ischial tuberosities) di atas permukaan tempat duduk. Gambar berikut memperlihatkan tuberosities.



Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 75% dari keseluruhan berat badan hanya disangga oleh daerah seluas 4 inci persegi atau 26 cm persegi dari tulang duduk ini. Kondisi ini memperjelas bahwa berat badan yang diterima, disebarkan hanya pada daerah yang kecil saja. Akibatnya, terjadi tegangan yang sangat besar pada daerah pantat di bawahnya. 

Tekanan-tekanan ini menimbulkan perasaan lelah dan tidak nyaman. Bertahan pada posisi duduk dalam jangka waktu yang lama tanpa mengubah-ubah posisinya, di bawah kondisi tekanan kompresi yang terjadi, dapat menyebabkan kurangnya aliran darah pada suatu daerah, gangguan pada sirkulasi darah, menyebabkan nyeri, sakit dan rasa kebal.

Suatu perancangan tempat duduk harus diupayakan sedemikian rupa sehingga berat badan yang disangga oleh tulang duduk tersebar pada daerah yang cukup luas. Alas yang tepat pada landasan tempat duduk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Harus diupayakan agar subyek yang sedang duduk di atas tempat duduk tersebut dapat mengubah-ubah posisi atau postur tubuhnya untuk mengurangi rasa ketidaknyamanannya. Kondisi ini mendasari diperlukannya data antropometri yang tepat. Berikut ini data-data antropometri untuk perancangan kursi.



Keterangan:

A  = Tinggi lipatan dalam lutut
B  = Jarak pantat-lipatan dalam lutut
C  = Tinggi siku posisi istirahat
D  = Tinggi bahu
E  = Tinggi duduk normal
F  = Rentang antar siku
G  = Rentang panggul
H  = Rentang bahu
I  = Tinggi lumbar


Tinggi Tempat Duduk

Salah satu pertimbangan dasar dalam perancangan suatu tempat duduk adalah tinggi permukaan bagian atas dari landasan tempat duduk diukur dari permukaan lantai. Jika suatu landasan tempat duduk terlalu tinggi letaknya, bagian bawah paha akan tertekan seperti pada gambar di bawah ini.
 
Landasan tempat duduk yang letaknya terlalu tinggi dapat menyebabkan paha tertekan dan peredaran darah terhambat. Sebagai, tambahan pula, telapak kaki tidak dapat menapak dengan baik di atas permukaan lantai yang mengakibatkan melemahnya stabilitas tubuh.

Jika, letak suatu landasan tempat duduk terlalu rendah seperti gambar berikut ini.



Landasan tempat duduk yang letaknya terlalu rendah dapat menyebabkan kaki condong terjulur ke depan, menjauhkan tubuh dari keadaan stabil. Sebagai tambahan pula, pergerakan tubuh ke depan akan menjauhkan punggung dari sandaran sehingga penopangan lumbar tidak terjaga dengan tepat. Bagi orang yang bertubuh tinggi akan dapat lebih merasa nyaman walau menggunakan kursi dengan landasan tempat duduk yang rendah dibandingkan dengan seseorang yang bertubuh pendek menggunakan kursi yang landasan duduknya terlalu tinggi.  

Secara antropometrik, tinggi lipatan dalam lutut haruslah menjadi ukuran pada data yang digunakan untuk menentukan tinggi landasan tempat duduk. Rentang data terkecil, misal data persentil ke-5, akan menjadi pedoman yang tepat karena data ini mencakup bagian populasi mereka yang berukuran tubuh paling kecil. Alasannya jelas, seperti yang telah dikemukakan terdahulu, bahwa tinggi duduk yang dapat mengakomodasi mereka dengan ukuran tinggi lipatan lutut paling pendek, juga dapat mengakomodasi mereka dengan ukuran tinggi lipatan lutut yang lebih tinggi.

Kedalaman Tempat Duduk

Pertimbangan dasar lain dari perancangan sebuah kursi adalah kedalaman landasan tempat duduk (jarak yang diukur dari bagian depan sampai bagian belakang sebuah tempat duduk). Bila kedalaman landasan tempat duduk terlalu besar, bagian depan dari permukaan atau ujung dari tempat duduk tersebut akan menekan daerah tepat di belakang lutut, memotong peredaran darah di bagian kaki, seperti pada gambar berikut ini.



     
Tekanan pada jaringan-jaringan akan menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan. Bahaya lebih besar ialah terjadinya penggumpalan darah jika subyek tidak mengubah posisi tubuhnya. Untuk menghindarkan ketidaknyamanan pada bagian kaki, subyek akan memajukan posisi pantatnya dan hal ini menyebabkan bagian punggungnya tidak dapat bersandar sehingga stabilitas tubuh melemah dan tenaga otot yang diperlukan menjadi semakin besar sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan. Hasilnya adalah kelelahan, ketidaknyamanan dan sakit di bagian punggung.

Bila kedalaman landasan tempat duduk terlalu sempit, seperti pada gambar di bawah ini, akan menimbulkan situasi yang buruk. Kondisi ini dapat menimbulkan perasaan terjatuh atau terjungkal dari kursi. Sebagai akibatnya, kedalaman landasan tempat duduk yang terlalu sempit akan menyebabkan berkurangnya penopangan pada bagian bawah paha.




Secara antropometri, jarak dari pantat ke lipatan dalam lutut merupakan pedoman penentuan kedalaman tempat duduk yang tepat.

Sandaran Punggung

Fungsi utama dari sandaran punggung adalah untuk mengadakan penopangan bagi daerah lumbar, atau bagian kecil dari punggung, yaitu bagian bawah yang berbentuk cekung dimulai dari bagian pinggang sampai pertengahan punggung. Konfigurasi dari sandaran punggung harus dapat menyokong sesuai profil dari tulang belakang, terutama pada daerah lumbar seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.30, namun harus diperhatikan supaya tidak membuatnya terlalu pas untuk menghindarkan pemakai mengubah-ubah posisinya.

Keseluruhan tinggi sandaran punggung dapat bervariasi sesuai dengan jenis dan maksud pemakaian suatu kursi. Sebuah kursi untuk sekertaris lebih cocok bila penopang lumbarnya hanya pada suatu daerah kecil saja. Kursi santai akan lebih cocok bila sandarannya mencapai bagian belakang kepala ataupun tengkuk. Perlu diingat untuk menyediakan ruang tambahan bagi penonjolan daerah pantat. Jarak bersih ini dapat berupa daerah terbuka berbentuk ceruk antara permukaan tempat duduk dan penopang lumbar. Bantalan yang empuk pada bagian ini akan mengakomodasi penonjolan bagian pantat ini.

                            

Sandaran Lengan

Sandaran lengan ini memiliki beberapa fungsi. Sandaran ini menopang berat dari lengan dan membantu pemakai ketika akan duduk atau bangkit dari tempat duduknya. Jika suatu kursi digunakan untuk suatu kegiatan tertentu, misalnya bagi seseorang yang bertugas dengan putaran-putaran tuts yang sensitif atau panel kontrol, maka sandaran tangan tersebut dapat berfungsi untuk menjaga agar lengan tetap stabil sepanjang pelaksanaan pekerjaannya. Tinggi siku pada posisi istirahat adalah pengukuran antropometri yang tepat sebagai pedoman bagi penentuan tinggi sandaran lengan.

Bantalan

Tujuan dari pemberian bantalan pada dasarnya adalah sebagai upaya penyebaran tekanan, sehubungan dengan berat badan pada titik persinggungan antar permukaan dengan daerah yang lebih luas. Bahayanya, seorang perancang seringkali beranggapan bahwa makin empuk, dalam, dan lembut suatu bantalan, akan semakin besar kenyamanan yang dihasilkannya. Padahal bukan demikian kenyataannya. Seringkali justru sebuah kursi yang tampaknya terlalu empuk justru dapat menyebabkan kelelahan, ketidaknyamanan dan rasa sakit.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment