-->

Perancangan Basis Data

Prancang basis data merupakan suatu hal yang sangat penting. Kesulitan utama dalam merancang database adalah bagaimana merancang sehingga database dapat memuaskan keperluan saat ini dan masa mendatang.Tujuan perancanganadalah agar dapat memiliki basis data yang kompak, efisien dalam penggunaan ruang penyimpanan, cepat dalam pengaksesan dan mudah dalam memanipulasi data (operasi tambah, ubah, hapus). Perancangan model konseptual perlu dilakukan di samping perancangan model phisik.Perancangan konseptual akan menunjukkan entity dan relasinya berdasarkan proses yang diinginkan oleh organisasi. Tugas pernacangan model konseptual basis data ini merupakan tanggung jawab dari Database Administrator. Beberapa pengertian berkaiatan dengan perancangan model konseptual, ialah :
 Bukan merupakan pendekatan proses informasi untuk seorang programmer aplikasi, tetapi merupakan kombinasi beberapa cara untuk memproses data untuk beberapa aplikasi. 
 Tidak tergantung pada aplikasi individual. 
 Tidak tergantung pada DBMS yang digunakan.
 Tidak tergantung pada hardware yang digunakan. 
 Tidak tergantung pada phisikal model.
 Tidaklah perlu dipikirkan tentang terapan dan operasi yang akan dilakukan pada database.

Pada perancangan model konseptual penekanan tinjauan dilakukan pada struktur data dan relasi antara file.Pendekatan yang dilakukan pada menggunakan model data relational.Dalam merancang basis data dapat dilakukan melalui dua pendekatan yaitu:
1. Model Entity–Relationship-diagram (telah dijelaskan dalam uraian kegiatan 3, 4 dan 5)
2. Menerapkan normalisasi terhadap struktur tabel yang telah diketahui.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment