-->

Pemakaian Constraint

Constraint merupakan istilah yang digunakan untuk menerapkan Integritas Data (Data Integrity) pada suatu database.  Integritas Data merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kebenaran data di dalam suatu file database. Sedapat mungkin integritas data tetap dijaga melalui beberapa kegiatan, antara lain:

  1.  Validasi field secara individual 
  2.  Verifikasi satu field melalui field lainnya 
  3.  Validasi data dari tabel satu ke tabel lainnya 
  4.  Verifikasi bahwa transaksi berjalan sukses dari awal hingga akhir 

Terdapat tiga jenis Integritas Data yang dapat diterapkan  pada file database Microsoft Access 2002, antara lain:
  • Integritas Entitas, untuk menerapkan integritas pada tingkat Entity (Tabel), agar setiap Instances (Record\Baris) pada suatu Entity bersifat Unique yang disebut sebagai Primary Key sehingga dapat dibedakan antara yang satu dengan lainnya.  Hubungan antara primary key dan foreign key menyatakan apakah sebuah baris tabel dapat diubah atau dihapus. 
  • Integritas Domain, untuk menerapkan integritas pada tingkat Kolom (field) agar nilai yang diisikan pada Kolom (field) tersebut berada di antara nilai-nilai yang diinginkan. 
  • Integritas Referential untuk menerapkan integritaspada tingkat Referensi dengan menggunakan Primary Key untuk memastikan sinkronisasi antara “Parent” dan “Child Tables” (antara Primary Key dan Foreign Key).  Sebuah Foreign Key tidak dapat dimasukkan ke dalam sebuah tabel, bila Primary Key tidak ada atau belum ada.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment