-->

Key Attribute

Setiap file atau tabel selalu mempunyai kunci (key) yaitu berupa satu field atau satu set field yang dapat mewakili record. Misalnya nomor pegawai merupakan kunci dari tabel pegawai suatu perusahaan. setiap pencarian cukup dengan menyebut nomor pegawai tersebut maka dapat diketahui nama, alamat dan atribute lainnya mengenai seorang pegawai tersebut.Key adalah satu atau gabungan dari beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data (row) dalam table secara unik.Macam-macam Filed/attribute kunci:
 Candidate Key (Kunci Kandidat/Kunci Calon)
 Primary Key (Kunci Primer)
 Alternate Key (Kunci Alternatif)
 Foreign Key (Kunci Tamu) 

Candidate Key (Kunci Kandidat/Kunci calon)adalah satu atribute atau satu set minimal atribute yang mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesific dari entity. Jika satu kunci kandidat berisi lebih dari satu atribute, maka biasanya disebut sebagai composite key (kunci campuran/ gabungan). Misalnya tabel Pegawai berisi attribute:No Induk Pegawai (NIP) , No KTP, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Alamat, KotaKunci kandidat disini antara lain ialah :
 No Induk Pegawai (NIP), karena unik tidak mungkin ganda.
 No KTP, karena unik tidak mungkin ganda.
 Nama, sering dipakai sebagai kunci pencarian namun tidak dapat dikatakan kunci karena sering seseorang punya nama yang sama.
 Nama + Tanggal lahir, mungkin dapat dipakai sebagai kunci karena kemungkinan sangat kecil seseorang punya nama sama yang lahir pada hari yang sama.
 Nama + tempat lahir + tanggal lahir, dapat dipakai sebagai kunci                                         
 Alamat, kota (bukan kunci).

Primary Key adalah satu atribute atau satu set minimal atribute yang tidak hanya mengidentitikasi secara unik suatu kejadian spesific, tapi juga dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entity. Setiap kunci kandidat punya peluang menjadi primary key, tetapi sebaiknya dipilih satu saja yang dapat mewakili secara menyeluruh terhadap entity yang ada. Contoh:
 No Induk (NIP), karena unik tidak mungkin ganda dan mewakili secara menyeluruh terhadap entity Pegawai, dan setiap pegawai selalu punya nomor induk
 No KTP, ini hanya dipakai bila sampai dengan pembayaran gaji pegawai ternyata nomor induk belum keluar.



Alternate Key (Kunci alternatif)adalah kunci kandidat yang tidak dipakai sebagai primary key. Kerap kali kunci alternatif dipakai sebagai kunci pengurutan dalam laporan.Contoh: Kunci Alternatif untuk pengurutan berdasarkan nama.    
 
Foreign Key (Kunci Tamu/Asing)Foreign Key adalah satu atribute (atau satu set atribute) yang melengkapi satu relationship (hubungan) yang menunjukkan ke induknya.  Kunci tamu ditempatkan pada entity anak dan sama dengan kunci primary induk direlasikan. Contoh:
 
Dalam hal hubungan dua buah file yang punya relationship banyak lawan banyak maka terdapat 2 buah kunci tamu pada file konektornya. Contoh:
File Proyek berisi atribute: NomorProyek, Tgl Mulai, Tgl Selesai, Anggaran
File Pegawai berisi atribute:   No Induk, Nama

Hubungan antara file tersebut adalah banyak lawan banyak yaitu satu Pegawai mengerjakan lebih dari 1 proyek dan satu proyek dikerjakan oleh beberapa pegawai maka untuk menunjukkan hubungan tersebut dipakai file konektor yang berisi kunci tamu dari kedua file. File Proyek_Pegawai berisi atribute : Nomor Proyek, NIP, Jam Kerja (proyek tersebut dikerjakan oleh pegawai ter-tentu selama sekian jam kerja) Maka pada file Proyek_Pegawai terdapat kunci tamu yaitu Nomor Proyek dan NIP. Kedua atribute tersebut juga merupakan kunci primary.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment