-->

Conceptual Data Model (CDM)

Conceptual Data Model ( CDM ) merupakan struktur logis dari keseluruhan database, yang terpisah dari perangkat lunak dan struktur penyimpanan data. CDM memberikan representasi formal dari data yang diperlukan untuk menjalankan suatu perusahaan atau kegiatan usaha dan meliputi objek data  atau entitas dalam database logis atau konseptual. Dalam merancang sebuah database, proses desain biasanya dimulai pada tingkat konseptual, di mana pengguna tidak perlu mempertimbangkan rincian implementasi fisik yang sebenarnya.  CDM memungkinkan pengguna untuk :

  1. Mewakili penglolaan data dalam format grafis untuk membuat Entity Relationship Diagram (ERD) 
  2. Memverifikasi keabsahan desain data 
  3. Menghasilkan Physical Data Model (PDM), yang akan menentukan implementasi fisik database 
  4. Dapat menghasilkan Model Object Oriented (OOM), yang akan menentukan representasi objek CDM menggunakan standar UML 
  5. Menghasilkan CDM lain, yang akan membuat versi model lain untuk mewakili tahap desain yang berbeda. 

CDM menjelaskan diagram relasi entitas untuk level konspetual. Entitas adalah representasi obyek atau data dari dunianya. Entitas dapat berupa nama benda, nama orang, nama tempat, atau kejadian. Gambar dibawah ini menjelaskan berbagai ragam jenis simbol atau notasi beserta diskripsinya dalam power designer yang dapat digunakan untuk membuat diagram CDM.




Sementara itu gambar dibawah ini menjelaskan berbagai ragam pilihan jenis atau tipe relasi antara dua Entitas, yaitu one to one, one to many, many to one dan many to many. Relasi many to many juga dapat dibentuk menggunakan notasi assosiation yang menjelaskan relasi antara dua entitas atau lebih (N-nary)








Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment