-->

Standar Kebutuhan Pakan dan Air Minum Ternak Rumunansia BAG 2

2) Kebutuhan Pakan 

Secara umum kebutuhan pakan hijauan (segar) bagi ternak ruminasiaadalah 10 persen dari bobot hidup. Kebutuhan zat makanan terpenuhi secara tepat dan seimbang apabila jumlah pakan yang dikonsumsi dapat menunjang produksi secara tepat sesuai dengan data kebutuhan ternak.  Sedangkan  kebutuhan pakan konsentratnya adalah 1,5-2 persen dari bobot hidup atau 3-5 persen dari kebutuhan pakan hijauan segar. Ternak ruminanisa yang sedang menyusui (laktasi) memerlukan makanan tambahan sebesar 25 persen hijauan dan konsentrat dalam ransumnya. Hijauan yang berupa rumput segar sebaiknya ditambah dengan jenis kacang-kacangan (legum).
Perhitungan kebutuhan pakan berdasarkan bahan segar seperti tersebut diatas memiliki kelemahan, karena setiap jenis bahan pakan memiliki kadar air yang berbeda-beda. Oleh karena itu perhitungan kebutuhan pakan yang lebih akurat adalah perhitungan pakan yang didasarkan pada standar kebutuhan bahan kering (BK).


Cara menghitung kebutuhan pakan sapi potong:









Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment