-->

Pembuatan Switchboard

Sebelum mempraktekkan langkah – langkah membuat switchboard, perlu dipersiapkan terlebih dahulu beberapa form dan report tambahan, agar kemanfaatan dan kelebihan dari switchboard lebih terlihat dengan jelas. Form dan report yang dapat dilengkapi adalah form untuk mengelola data guru dan data matapelajaran. Demikian juga perlu ditambahkan report yang menampilkan dta guru dan data mata pelajaran serta report yang menunjukkan data guru serta matapelajaran yang diampu oleh masing –masing  guru tersebut.  Fitur untuk membuat switchboard adalah switchboard manager. Secara default, ikon menu untuk mengakses fitur switchboard manager belum telihat di dalam ribbon menu. Untuk menggunakan fitur ini, maka ikon menu switchboard manager harus ditampilkna terlebih dahulu pada ribbon menu microsoft  access. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk menampilkan ikon menu switchboard manager.

1. Klik kanan pada ribbon => pilih menu Customize the Ribbon.Perhatikan gambar 38. 1. berikut ini:



2. Pada jendela Main Tabs => Klik New Group => Klik Rename => Pada jendela Rename, isi input  Display Name dengan ”Switchboard Manager”.  Perhatikan gambar 38. 2. 


3. Pada jendela Choose command from => pilih All Commands => pilih Switchboard Manager => Klik tombol Add (pastikan kursor pada posisi grup Switchboard Manager). Perhatikan gambar 38. 3. 



Ikon menu Switchboard Manager telah muncul pada tab Database Tools. Setelah ikon Switchboard Manager muncul, maka tahap berikutnya adalah membuat switchboard.

Berikut ini adalah langkah – langkah untuk membuat switchboard menggunakan Switchboard Manager

1. Klik ikon menu Switchboard Manager => Pada jendela Switchboard Manager => Klik tombol New. Perhatikan gambar 38. 3. berikut ini :




2. Buat halaman switchboard => pada jendela Create New => Isi Switchboard Page Name dengan “Input Data” => Klik OK.




3. Dengan cara yang, buat Switchboard Page Name baru lagi dengan lama “Laporan”, sehingga hasil pembuata halaman – halaman switchboard tersebut dapat dilihat pada gambar 38. 5 berikut ini :



4. Arahkan kursor pada halaman utama (Main Switchboard) => klik tombol Edit.
5. Klik tombol New => isikan input Text : “Input data” => Command : “Go to Switchboard => Switchboard: “Input Data” =>  klik tombol OK.


6. Tambahkan halaman switchboard baru => Klik tombol New => Isi Switchboard Page Name dengan “Laporan” =>  Klik OK. 
7. Tambahkan satu menu lagi untuk keluar dari aplikasi database dengan Command : Exit Application.Hasil langkah 12 dan 13 dapat dilihat pada gambar 38. 7berikut :




8. Arahkan kursor pada halaman switcboard “Input Data” yang baru dibuat => Klik Tombol Edit untuk menambahkan menu – menu pada halaman switchboard tersebut.

9. Klik tombol New => pada jendela Edit Switchboard item => isi Text : “Input data siswa” => pilih Command Open Form in Add Mode =>  pilih form FrmSiswa. Perhatikan gambar 38. 8 berikut ini :




10. Dengan cara yang sama, tambahkan menu – menu lain untuk membuka form guru, mapel dan nilai.


11. Tambahkan satu menu terakhir, yaitu menu untuk kembali ke halaman utama (Main Switchboard) , seperti gambar 38. 9. berikut ini :



12. Klik tombol Close jika penambahan menu telah selesai. Apabila diperlukan perubahan pada menu yang telah dbuat => arahkan kursor ke menu yang akan di edit => Edit => Isi kembali input – input pada Jendela Edit switchboard Item

13. Arahkan kursor pada halaman switcboard “Laporan” => klik Tombol Edit untuk menambahkan menu – menu pada halaman switchboard tersebut.

14. Dengan cara yang serupa dengan langkah ke-9 sampai dengan langkah ke11, buat menu – menu untuk membuka report data siswa, data guru, data mapel ,data nilai seluruh siswa dan data nilai per siswa. Command yang digunakan adalah Open Report. Perhatian gambar 38. 10 yang merupakan hasil dari langkah ke-14.




15. Simpan switchboard. Selanjutnya buka switchoard pada mode form view, sehingga akan tampak halaman utama dari switchboard seperti gambar 38. 11 berikut ini :



16. Klik tombol menu “Input Data”, maka akan tampak halaman switchboard “Input Data seperti gambar 38. 12 berikut ini :




17. Lakukan pengecekan dengan mengklik tombol – tombol menu pada halaman switchboard “Input Data” tersebut =>  Pastikan bahwa form yang muncul sesuai dengan item menunya, jika masih ada yang tidak sesuai, maka lakukan pengeditan kembali melalui fitur Switch Manager, dengan terlebih dahulu menutup halaman switchboard.

18. Klik menu “Kembali”, maka akan ditampilkan kembali halaman utama switchboard.

19. Pada halaman utama switchboard, klik menu “Laporan”, maka akan tampil halaman switchboard menu Laporan seperti gambar 38. 12 berikut ini :



20. Sebagaimana langkah 17, lakukan pengecekan terhadap kesesuaian report yang muncul untuk setiap menu pada halaman switchboard “Laporan” ini.

Pada halaman switchboard dapat dilakukan pengeditan desain tampilan atau layout. Misalkan di tambahkan gambar ataupun mengganti warna background dan sebagainya. Cara untuk mendesain layout switchboard sama dengan cara mendesain pada form yang lain, yaitu dengan membuka form Switchboard pada mode Design View, sebagaimana terlihat pada gambar 38. 14 berikut :



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment