-->

Pembuatan subreport

Sebagaimana telah dijelaskan pada subbab di atas, untuk membuat subreport diperlukan 3 tahapan. Tahap pertama adalah membuat report utama atau report induk . Dalam kegiatan belajar 35 ini, report induk yang digunakan adalah report data siswa. Report tersebut telah dibuat pada kegiatan belajar sebelumnya yang membahas tentang pembuatan report pada design view. Sehingga tidak akan dibahas langkah – langkah pembuatannya. Tahap berikutnya adalah membuat subreport, yaitu report yang menampilkan nilai dari masing – masing siswa. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk membuat subreport tersebut :

1. Buka fitur report wizard untuk membuta subreport
2. Pada jendela pemilihan kolom yang ditampilkan pada report, pilih kolom – kolom dengan urutan sebagai berikut : Kolom NIS pada tabel nilai => kolom kodemapel pada tabel nilai => kolom nama_mapel pada tabel mapel => kolom nilia pada tabel nilai => klik tombol Next. Gambar 35.1 . menunjukkan hasil penentuan kolom – kolom yang akan ditampilkan di dalam subreport.


3. Pada jendela view data => pilih by Nilai => klik tombol Next

4. Pada tampilan yang menentukan grouping pilih NIS => Klik next seperti gambar berikut :


5. Pada jendela penentuan pengurutan (sorting) data => Klik Next
6. Pada jendela panduan pemilihan layout => pilih Tabular => Klik tombol Next


7. Berikan nama report, misalkan SubRptNilai pada jendela pemberian nama => Klik tombol Finish

Tahap pembuatan subreport berikutnya adalah memasukkan subreport ke dalam report utama. Langkah – langkahny adalah sebagai berikut :
1. Copy dan paste rptsiswa => Rename menjadi RptNilaiSiswa.

2. Buka report RrptNilaiSiswa => drag dan drop report SubRptNilai ke section detail dari report RptNilaiSiswa, sehingga akan muncul jendela control report di dalam section detail.

3. Lakukan pengeditan pada RptNilaiSiswa yakni : => Pindahkan label NIS dan Nama ke section detail => Atur letak textbox kolom NIS dan Nama sejajar dengan label masing – masing. => Hilangkan area Page Header dengan merapatkan batas area tersebut => Rapikan obyek – obeyk di dalam section detail, terutama dengan subreportnya, sejajarkan dengan label NIS dan Nama siswa. => Sesuaikan judul report, misalkan dengan judul baru : “Nilai Siswa Kelas IX”

4. Lakukan pengeditan pada subreport SubRptNilai sebagai berikut : => Hapus label dan kolom NIS => Atur ukuran font judul (misalkan dikecilkan , samakan dengan ukuran font label nis dan nama pada report utama. => Pindahkan label judul kolom (kodemapel,nama_mapel dan nilai) dari section Page Header ke section Report Header. Jika judul kolom ini tidak diaindahkan, maka label – label judul kolom tersebut tidak akan terlihat. => Atur lebar dan jarak label dan kolom kodemapel, nama_mapel dan nilai => Sesuaikan judul masing – masing kolom, misalkan diubah menjadi Kode, Mata Pelajaran dan Nilai.


5. Tampilkan report di dalam mode report view. Contoh tampilan report dengan subreport dapat dilihat pada gambar 35. 6. berikut ini :



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment