-->

Pembuatan subform

Subform adalah form yang terdapat dalam form induknya. Dapat dikatakan bahwa subform merupakan form untuk mengelola data detail (dari tabel child) dari data masternya (tabel parent). Tabel siswa dan tabel mapel telah tersedia (sesuai dengan yang telah dipraktekkan pada kegiatan belajar –kegiatan belajar sebelumnya. Berikut ini adalah langkah – langkah pembuatan subform yang melibatkan tiga buah tabel yakni tabel siswa dan tabel mapel sebagai tabel parent dan tabel nilai sebagai tabel childnya.

1. Pastkan bahwa tabel mapel telah terisi dengan beberapa data kode dan nama mata pelajaran.

2. Buat tabel Nilai dengan kolom – kolom : NIS, kodeMapel dan Nilai

3. Buat relasi antara ketiga tabel tersebut sebagaimana terlihat pada gambar  34. 1. 
 


4. Isi beberapa data di tabel Nilai. (3 atau 4 siswa, masing – masing siswa memiliki 2 atau 3 data nilai matapelajaran).

5. Buat form baru dengan menggunakan form wizard. 6. Pada jendela panduan pertama untuk penentuan kolom yang ditampilkan di dalam form => pilih kolom NIS dan nama pada tabel siswa=> pilih kolom kodemapel dari tabel nilai => pilih kolom NAMA_MAPEL pada tabel mapel => pilih kolom nilai pada tabel nilai. Gambar 34. 2 menunjukkan hasil penentuan kolom – kolm tersebut.


7. Jendela panduan selanjutnya adalah memilih view data dari form => pilih by siswa, yang artina bahwa data akan ditampilkan per siswa dan data nilai akan ditampilkan sebagai data detail (subform) dari siswa tersebut. Tampilan dari pemilihan view data dapat dilihat paga gambar 34. 3. 



8. Pada jendela yang tampil berikutnya adaah panduan untuk pemilihan jenis layout dari subfom => piih opsi Datasheet.

9. Panduan terakhir adalah jendela untuk pemberian nama form dan naam subform. Hasil dari wizard ini nantinya kan terbentuk 2 buah form, yakni form utama dan 1 form sebagai subform. Nama form boleh diubah (misalkan menjadi FrmNilaiSiswa) ataupun dibiarkan dengan nama defaultnya => Pilih Open the form to view or enter information => Klik tombol Finish.


10. Form hasil form wizard dapat didesain ulang pada mode design view, misalkan dilakukan editing sederhana sebagai berikut :  Ubah judul form => Atur letak dan lebar dari subform sehingga semua data pada subform terlihat proporsional. Gambar 34. 6. adalah contoh dari hasil editing sederhana dari form tersebut :
 
11. Tampilkan hasil editing pada mode form view, sehingga akan tampil seperti gambar berikut :

Jika diinginkan , form FrmNilaiSiswa hasil dapat didesain lebih lanjut, misalkan dengan menambahkan tombol – tombol operasi pengolahan data maupun navigasi data serta pengaturan layout obyek – obyek dalam form tersebut.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment