-->

Pembuatan Navigation Forms

Sebelum membahas tentang langkah – langkah pembuatan navigation forms, agar fungsi dari navigation forms dapat ditunjukkan secara optimal maka terlebih dahulu perlu disiapkan form dan report yang akan diakses di dalam form navigasi ini. Form – form yang diperlukan adalah form untuk mengelola data siswa (FrmSiswa) dan form untuk mengelola data nilai (FrmNilaiSiswa. Sedangkan report yang harus disiapkan adalah report untuk menampilkan data siswa (RptSiswa) dan report Nilai Siswa (RptNilaiSiswa). Berikut ini adalah langkah – langkah untuk membuat form navigasi menggunakan Navigation Forms :

1. Buka tab Create => Navigation => Pilih menu Horizontal Tabs.


2. Pada area design form, ganti teks pada tab menu menjadi  Data Siswa dimana menu tersebut selanjutnya diarahkan ke form Frmsiswa.



3. Buka jendela Property Sheet => pilih tab Data  => Navigation Target Name => Pilih Form.FrmSiswa.



4. Tambahkan tab menu baru di samping menu Data Siswa dengan cara klik kanan pada tab menu => Insert Navigation Button.



5. Atur tab – tab menu menjadi 4 tab menu yakni Data Siswa, Data Nilai, Report Siswa dan Report Nillai Siswa, serta edit judul form navigasi sehingga menjadi form dengan tampilan seperti gambar 37. 5. 



6.  Dengan cara yang sama dengan  langkah no. 3, arahkan masing – masing menu tersebut ke form dan report  yang bersesuaian dengan judul masing – masing menu, yakni data siswa dan data nilai.
7.  Simpan form hasil Navigation Forms dengan nama Navigation Form. 
8.  Buka Navigation Form pada mode Form View, sehingga akan tampil seperti gambar 37. 6. 


9.  Buka menu – menu yang lain dan pastikan bahwa form ataupun report yang terbuka sudah sesuai dengan judul dari tab menu yang diakses.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment