-->

Penyetelan Putaran dan Campuran idle


  •  Langkah kerja
x Pasang takhometer, hidupkan motor
x Bandingkan rpm idle dengan spesifikasi (biasanya 750-850rpm). Jika salah, stel rpm pada sekrup penyetel katup gas yang terpasang pada mekanisme katup gas.
Perhatikan : Sekrup penyetel katup gas jangan tertukar dengan sekrup penyetel putaran start dingin yang terletak pada mekanisme cuk.

x Stel campuran idle dengan sekrup penyetel yang terletak pada rumah katup gas. Cara menyetel, lihat halaman berikut.
x Cara menyetel campuran idle tanpa pengetes gas buang
Perbandingan campuran mempengaruhi putaran idle.
Berdasarkan pengaruh tersebut. Kita bisa menyetel campuran yang sesuai

  • Langkah penyetelan :
x Sekrup penyetel diputar kearah luar, sampai putaran motor mulai turun. (Titik 1 pada diagram).
x Kemudian, sekrup penyetel diputar kearah dalam, sampai putaran motor mulai turun. (Titik 2 pada diagram) .
x Untuk ini, putar sekrup penyetel tahap demi tahap dengan 1/2 putaran. Setiap 1/2 putaran, tunggu sedikit dan perhatikan reaksi pada motor. Pada saat terdengar/ terasa * putaran mulai turun, kendorkan sekrup pada penyetel 1/2 putaran untuk mendapat penyetelan campuran yang benar.
x Jika setelah penyetelan campuran, tinggi putaran tidak sesuai, penyetelan katup gas dan penyetelan campuran perlu diulangi.

Jangan melihat pada takhometer. Dengan perasaan hasil lebih akurat.
  • Petunjuk
x Jangan menyetel idle pada saat motor sangat panas.
x Karburator sering dilengkapi dengan katup termostatik, yang terbuka saat temperatur karburator di atas | 500C. Pada saat terbuka, katup tersebut mengalirkan udara tambahan ke saluran masuk, sehingga campuran menjadi lebih kurus. Oleh karena itu, penyetelan idle tidak boleh dilakukan, jika motor terlalu panas.
x Katup termostatik (Kijang) pada saat terbuka:


Catatan Penting
x Penyetelan campuran idle yang terlalu kaya mengakibatkan pemakaian bahan bakar menjadi boros.
x Penyetelan campuran idle yang terlalu kurus mengakibatkan motor hidup tersendatsendat pada idle dan pada beban rendah. (Beban rendah : katup gas hanya terbuka sedikit).
x Bila campuran idle distel dengan baik, pada saat motor dingin perlu menggunakan cuk selama 1 menit. Jika penggunaan cuk tidak perlu, berarti bahwa campuran idle terlalu kaya.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment