-->

Diagram P-V Pada Mesin 4 Tak


Diagram P-V adalah suatu diagram yang menyatakan hubungan antara perubahan volume dengan perubahan tekanan yang terjadi di dalam silinder. Untuk lebih dapat memudahkan dalam memahami mesin 4 tak ini, coba perhatikan gambar dibawah ini yang memperlihatkan langkah Isap, kompresi, Usaha dan buang. Pada diagram P-V menunjukan proses kerja engine 4 tak.




Diagram P-V diatas adalah sebuah grafik yang terdiri dari sumbu horisontal yang menunjukan tekanan dari ruang bakar dan sumbu vertical adalah volume dari ruang bakar. Pada ujung samping sebelah kiri adalah TMA, posisi piston pada titik atas silinder, dan pada ujung samping sebelah kanan yaitu TMB, posisi piston berada pada titik bawah silinder. Dengan membandingkan antara garis pada diagram P-V 4 tak, garis A-B adalah langkah pengisian piston bergerak dari TMA ke TMB katup tekanan turun (vakum 0,1 – 0,6 bar), garis B-C adalah langkah kompresi tekanan naik seiring dengan pergerakan piston dari TMB ke TMA, garis C-D adalah langkah usaha tekanan berangsur turun seiring denga pembesaran volume silinder dengan pergerakan piston dari TMA ke TMB dan garis D-E adalah langkah buang.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment