Pembagian Gaya Rem Pada Aksel Dan Katup Pembatas Tekanan
Syarat Pengereman :
Pada saat mengerem, kendaraan harus dapat berhenti dengan stabil, untuk itu roda tidak boleh memblokir / hingga slip
Supaya roda tidak memblokir, maka berat kendaraan pada roa saat berjalan harus lebih besar daripada gaya pengereman
Hal tersebut dapat diformulasikan dalam bentuk rumus :
Jika beban aksel berubah : beban aksel depan bertambah dan beban aksel berkurang sedangkan tekanan pengereman sama besar makan rem pada aksel belakan akan terjadi lock brake (roda terkunci). Hal sangat berbahaya karena roda belakang slip dan kendaraan akan melanting (jaw momen) → Pengereman tidak stabil, untuk itu tekanan rem pada aksel belakang harus dikoreksi sehingga tidak terjadi lock-brake.
Di atas kurve ABC roda belakang memblokir . Di bawah kurve ABC roda belakang tidak memblokir Perlu pengatur tekanan rem … !
0 komentar:
Post a Comment