Mendengarkan dan Memahami Isi Wawancara
Pada pembelajaran kali ini, kamu akan belajar mende ngarkan dan memahami isi wawancara. Tujuan pem belajaran kali ini, agar kamu mampu menu liskan hal-hal penting yang dikemukakan oleh narasumber. Selain itu, kamu diharapkan mampu menuliskan info yang diperoleh dari hasil wawancara. Pada akhirnya, kamu dituntut mampu menyampai kan isi wawancara kepada orang lain secara singkat. Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah belajar bertanya jawab dengan teman. Pada dasarnya, wawancara mirip dengan bertanya jawab. Kita menanyakan sesuatu kepada orang yang kita wawancarai untuk menjawab pertanyaan yang kita ajukan. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tertentu dari orang yang diwawancarai. Peragakanlah isi wawancara berikut oleh dua orang di antara kamu. Siswa yang lain menutup buku dan men dengar kan dengan saksama. Kemudian, catatlah hal-hal penting yang dikemukakan oleh narasumber (Kak Seto).
Bagaimana pendapat kamu setelah mendengarkan wawancara tersebut? Apakah memberikan semangat baru? Sekarang, bandingkanlah hal-hal penting hasil mencatatmu dengan catatan berikut.
Hal-hal penting yang kamu catat dapat dituliskan ke dalam beberapa kalimat singkat. Perhatikanlah contoh tulisan berdasarkan informasi hal-hal penting tersebut
Hasil tulisan tersebut dapat kamu sampaikan di depan kelas menggunakan bahasa sendiri. Perhatikanlah contoh berikut.
Pendapat nara sumber dapat keluar dengan adanya per tanyaan dari pewa wan cara. Hal-hal pokok yang disampaikan oleh narasumber itulah yang harus kita pahami. Siapa tahu nanti di antara kamu ada yang menjadi wartawan atau reporter. Dalam pembelajaran ini, dijelaskan aspek kebahasaan tentang kata sifat. Perhatikan contoh kalimat yang mengandung kata sifat dari teks percakapan dengan Kak Seto.
Ciri kata sifat dapat dibentuk dengan menambahkan kata paling, lebih, sekali, sangat, atau terlalu. Dengan demikian, kata sifat memiliki tingkat perbandingan seperti pada contoh berikut.
Cobalah buat beberapa kalimat yang mengandung kata sifat. Setelah itu, bahaslah bersama-sama dengan gurumu.
Berlatih Menguji Kemampuan
1. Perankanlah wawancara berikut di depan kelas.2. Selama wawancara diperankan, tuliskanlah hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dengan kalimat singkat.
3. Tuliskanlah informasi yang diperoleh dari hasil wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat.
4. Sampaikanlah di depan kelas isi wawancara sesuai yang kamu tangkap.
Tugasmu
1. Buatlah kelompok dengan jumlah anggota maksimal empat orang.2. Cari dan guntinglah teks wawancara di koran atau majalah yang membahas tema yang hangat akhir-akhir ini.
3. Tuliskanlah hal-hal pokok yang ada dalam teks tersebut.
4. Tuliskan pula info yang diperoleh dari hasil wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat.
5. Buatlah laporan tersebut dalam kertas HVS menggunakan format berikut.
6. Sampaikanlah isi wawancara tersebut di depan kelas secara bergiliran per kelompok.
0 komentar:
Post a Comment