Komponen utama suspensi
Suspensi aksel rigid
Gambar 5.23. Suspensi aksel rigid
Sifat – sifat :
Gerakan salah satu roda mempengaruhi roda yang lain
Konstruksi sederhana, perawatan mudah
Gerakan pemegasan sedikilt mempengaruhi geometri roda
Memerlukan ruang pemegasan yang besar
Titik berat kendaraan tidak dapat rendah (kenyamanan kurang)
Massa tak berpegas (aksel, roda) berat (kenyamanan kurang
Bodi sedikit miring pada saat belok
Penggunaan : Aksel belakang tanpa/dengan penggerak roda ( kendaraan ringan dan berat ), aksel depan ( kendaraan berat ) tanpa / dengan penggerak
Suspensi Independen
Gambar 5.24. Suspensi Independen
Sifat – sifat secara umum :
Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda lain
Konstruksi agak rumit
Membutuhkan sedikit tempat
Jarak roda dan geometri roda berubah saat pemegasan
Titik berat kendaraan dapat rendah ( nyaman dan aman )
Pegas dapat dikonstruksi lembut ( pegas tidak membantu mengantar gerakan roda
Perawatan lebih sulit Penggunaan :
Aksel depan dan belakang ( kendaraan penumpang / sedan )
Aksel depan saja ( kendaraan menengah dan berat )
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment