-->

Komponen utama suspensi


Suspensi aksel rigid

 
Gambar 5.23. Suspensi aksel rigid

Sifat – sifat :
 Gerakan salah satu roda mempengaruhi roda yang lain
 Konstruksi sederhana, perawatan mudah
 Gerakan pemegasan sedikilt mempengaruhi geometri roda
 Memerlukan ruang pemegasan yang besar
 Titik berat kendaraan tidak dapat rendah (kenyamanan kurang)
 Massa tak berpegas (aksel, roda) berat (kenyamanan kurang
 Bodi sedikit miring pada saat belok

Penggunaan : Aksel belakang tanpa/dengan penggerak roda ( kendaraan ringan dan berat ),  aksel depan ( kendaraan berat ) tanpa / dengan penggerak

Suspensi Independen

 
Gambar 5.24. Suspensi Independen

Sifat – sifat secara umum :
 Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda lain
 Konstruksi agak rumit
 Membutuhkan sedikit tempat
 Jarak roda dan geometri roda berubah saat pemegasan
 Titik berat kendaraan dapat rendah ( nyaman dan aman )
 Pegas dapat dikonstruksi lembut ( pegas tidak membantu mengantar gerakan roda
 Perawatan lebih sulit Penggunaan :
 Aksel depan dan belakang ( kendaraan penumpang / sedan )
 Aksel depan saja ( kendaraan menengah dan berat )



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment