Katup Pembatas Tekanan
Pada tipe ini adalah pengatur tekanan rem ke roda belakang yang paling sederhana, jadi pada satu batas tekanan tertentu katup ini menutup saluran yang menuju rem aksel belakang sehingga tekanan tidak bisa naik lebih tinggi lagi dari pada batas tertentu.
Cara Kerja
Tekanan masuk masih di bawah tekanan pegas pengatur Torak pengatur didorong ke kanan oleh pegas pengatur tekanan hidraulis
Torak pengatur membuka saluran hidraulis
Tekanan hidraulis dari silinder master dapat berhubungan langsung kesilinder roda belakang
Tidak terjadi perbedaan tekanan antara silinder master dengan silinder roda belakang
Sil pembuka ditekan oleh pegas pembuka
Bila tekanan hidraulis silinder master lebih dari batas yang ditentukan, maka torak pengatur bergerak ke kiri dan menutup saluran pembatas
Tekanan hidraulis silinder roda belakang dibatasi, agar roda tidak memblokir
Tekanan hidraulis silinder roda dengan lebih besar dari silinder roda belakang
Pedal Dilepas
Tekanan hidraulis silinder master kurang lebih nol bar
Maka tekanan hidraulis dari silinder roda mampu mendorong torak bersama sil pembuka
Jadi sil pembuka bergerak ke kanan dan membuka saluran pembatas
Sehingga tekanan hidraulis dari silider roda dapat mengalir ke silinder master sampai tekanannya nol bar
Bila sudah tidak terjadi perbedaan tekanan antara silinder roda dengan silinder master, maka, sil pembuka dan torak pengatur kembali ke posisi semula
Keterangan ;
1. Tekanan silinder master
2. Tekanan rem belakang ideal
3. Tekanan katup pengatur tekanan
4. Titik patah
Sampai titik 4 telkanan depan dan tekan belaknag sama besarnya
Tekanan lebih dari 34 bar katup beraksi dan tekanan roda belakang tidak naik lagi
Roda tidak bisa memblokir ( tekanan di bawah kurve ABC )
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment