Bagian-bagian Penggerak Aksel
Penggerak aksel terdiri dari drive pinion (gigi pinion) dan ring gear (gigi korona).Tipe penggerak aksel ada antara lain bevel gear (dipakai pada kendaraan yang sudah tua/produksi awal 1900), helical gear(dipasang pada kendaraan penggerak roda depan) dan hypoid bevel gear (dipasang pada kendaraan penggerak roda belakang)
a. Bevel Gear
Adalah konstruksi penggerak aksel dimana pasangan antara drive pinion (gigi pinion) dan ring gear (gigi korona) berpotongan 90 derajat. Macammacam penggerak aksel bevel gear, antara lain : Penggerak roda gigi lurus segaris (Bevel Gear)
Gambar 4.56. Penggerak roda gigi lurus segaris (Bevel Gear)
Roda gigi pinion terpasang dengan garis tengah gigi korona dimana bentuk giginya lurus (seperti pada gambar 4.51) sehinggakonstruksinya sederhana dan bidang gesekan kecil.
Penggerak roda gigi spiral (Spiral Bevel Gear)
Gambar 4.57. Penggerak roda gigi spiral (Spiral Bevel Gear)
Roda gigi pinion terpasang dengan garis tengah gigi korona yang bentuk giginya miring (seperti pada gambar 4.52) sehingga permukaan kontaknya lebih banyak dan suara lebih halus.
Penggerak roda gigi hypoid (Hypoid Bevel Gear)
Gambar 4.58. Penggerak roda gigi hypoid (hypoid Bevel Gear)
Roda gigi pinion terpasang offset dengan garis tengah gigi korona yang memiliki gigi miring (seperti pada gambar 4.53). Perbandingan persinggungan roda-roda giginya besar dan bekerjanya sangat halus serta dapat memindahkan tenaga lebih besar adalah keuntungan penggerak aksel tipe hypoid Bevel Gear.Dan selama roda-roda gigi saling berkaitan satu sama lainnya, tipe hypoid bevel gear harus dilumasi dengan oli yang memiliki oil film yang kuat.
b. Helical Gear
Gambar 4.59. Penggerak roda helical (Helical Gear)
Pada helical gear untuk menghasilkan puntiran, gigi helical gear gigi pinion selalu bersinggungan dengan gigi korona pada lokasi yang sama tanpa ada celah antara gigi pinion dan gigi korona. Oleh sebab itu bunyi dan getaran yang timbul sangat kecil dan momen dapat dipindahkan dengan lembut, ini adalah keuntungan dari jenis helical gear.
Berdasarkan bentuk gigi korona dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. Klingenberg
Gambar 4.60. Gigi korona tipe Klingenberg
Pada Klingenberg tebal puncak gigi bagian dalam dan bagian luar sama (A=B). Disebut juga dengan gigi spiral karena bentuk gigi sebagian dari busur spiral. Pemakaian kebanyakan digunakan pada mobil Eropa dan Jepang.
b. Gleason
Gambar 4.61. Gigi korona tipe Gleason
Pada jenis Gleason tebal puncak gigi bagian dalam dan bagian luar tidak sama. Disebut juga dengan gigi lingkar karena bentuk – bentuk gigi sebagian dari busur lingkaran. Pemakaian kebanyakan digunakan pada mobil Amerika
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment