-->

Struktur Ginjal

 Dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal yang terletak di dekat tulang-tulang pinggang. Ginjal manusia berbentuk seperti kacang merah berukuran sekitar 2,5 x 7 x 10 cm. Dari tiap-tiap ginjal, urine dialirkan oleh pembuluh ureter ke kandung urine (vesica urinaria), dan melalui uretra dikeluarkan dari tubuh. Ginjal terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan luar yang disebut korteks atau kulit ginjal, dengan tebal sekitar 1 cm. Pada bagian ini terdapat bagian ginjal yang paling penting, yaitu nefron, yang merupakan unit fungsional penyusun utama ginjal. Bagian dalam ginjal disebut medula atau sumsum ginjal. Medula memiliki bentuk seperti piramid yang puncaknya mengelilingi pelvis. Pada puncak piramid terdapat lubang-lubang kecil tempat keluarnya pembuluh penyalur urine ke dalam pelvis (Perhatikan Gambar 7.5).

Korteks dari sepasang ginjal orang dewasa mengandung lebih dari satu juta nefron, yang merupakan alat pembuat urine. Jadi, dapat dikatakan bahwa nefron adalah unit fungsional ginjal. Artinya, ginjal dapat berfungsi memproduksi urine karena tiap-tiap nefron tersebut bekerja menunaikan tugasnya. Ada tiga proses yang terjadi selama pembentukan urine oleh nefron, yaitu filtrasi, reabsorpsi dan sekresi. Untuk melakukan ketiga proses tersebut, nefron harus mempunyai struktur yang sesuai dengan fungsinya. Nefron terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut (Perhatikan Gambar 7.5).
1. Glomerulus, merupakan kumpulan kapiler darah.
2. Kapsul glomerulus atau kapsul Bowman, berbentuk piala membentuk glomerulus. Glomerulus yang dibungkus kapsul Bowman disebut badan Malpighi.
3. Tubulus/saluran nefron, terdiri atas tubulus proksimal, lengkung Henle, tubulus distal, dan tubulus kolekta (tubulus pengumpul).




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment