-->

Pernapasan pada Manusia

Sebagai anggota mamalia, manusia memiliki alat pernapasan mulai dari hidung, tenggorokan dengan cabang-cabangnya, sampai paru-paru yang memiliki gelembung-gelembung (alveolus) sebagai bagian utama tempat pertukaran gas antara tubuh dan atmosfer. Kamu dapat mengamati bagianbagian sistem pernapasan manusia pada Gambar 6.1.
Alveolus memiliki dinding tipis terbuat dari epitel selapis pipih yang membantu terjadinya proses difusi gas. Jumlah alveolus paru-paru 300 juta buah, dengan luas (jika dibentangkan) 70m2. Dengan paru-paru seluas itu, maka pernapasan menjadi lebih efisien dan perolehan O2 akan menjamin hidup manusia. Perhatikan Gambar 6.2. Paru-paru manusia dibatasi oleh pleura yang sangat elastis. Demikian pula dengan dinding rongga dada bagian dalam dibatasi oleh pleura. Di antara pleura paru-paru dan pleura rongga dada terdapat cairan intrapleura. Tekanan intrapleura lebih rendah daripada tekanan udara luar. Hal ini memudahkan pemasukan volume udara ke rongga dada.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment