-->

Peralatan dan bahan fillering

 Untuk pengisian pori-pori hingga terlihat kontras, digunakan filler khusus. Filler ini dapat dibuat dengan membeli bubur pengisi pori kayu yang dapat larut atau diencerkan dengan thinner. Pilih warna yang muda, misalnya wood filler warna kamfer atau wood filler warna jati. Pilih bahan pewarna yang larut thinner, warna tua atau warna lain sesuai dengan pilihan. Campurkan ke dalam bubur filler warna muda, yang telah kita siapkan tadi. Diharapkan bahan pewarna pilihan kita tadi bisa muncul kontras dengan warna latar belakang yang utama.

 Lubang pada permukaan benda kerja seperti lubang paku, mata kayu dan kerusakan pada sisi sudut, harus disumbat terlebih dahulu sebelum proses stain  dilaksanakan. Banyak jenis material yang digunakan untuk itu, yang pada umunya semua iti disebut stopping. Operator harus lebih kenal akan karakteristik setiap jenis material stopping yang akan digunakan untuk macam finishing, jangan sampai terjadi kesalahan yang berakibatfatal pada akhir finishing.

Material stopping yang sering dipakai adalah :
 Button shellac
 Bees wax
 Terven wak
 Lacquer wak
 Fibre glass



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment