-->

PENGARUH HUTANG TERHADAP MARKET POWER PERUSAHAAN DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2010) [SKRIPSI]

Nama : Nora Nurbetti Simanullang
Program Studi : Administrasi Niaga
Judul : Pengaruh Hutang terhadap Market Power Perusahaan di Indonesia
(Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2010)

Penelitian ini menganalisis pengaruh hutang terhadap market power perusahaan non
keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2007-2010. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah hutang, dimana hutang dibagi menjadi hutang pada
tahun sekarang (hutang tahun t) dan hutang tahun sebelumnya (hutang tahun t-1).
Selain variabel independen, dalam penelitian ini digunakan juga variabel kontrol
berupa ukuran perusahaan, struktur aset, dan pertumbuhan perusahaan. Market power
dengan menggunakan proksi markup dan Lerner Indeks menjadi variabel dependen
dalam penelitian ini. Untuk analisis selanjutnya, hutang juga dibagi menjadi hutang
tinggi dengan ketentuan rasio utang di atas 50%, yang disebut sub-sampel. Hasil yang
diperoleh adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara hutang dan
market power dengan proksi Lerner Indeks pada sampel keseluruhan, sedangkan pada
sub sampel pengaruh hutang terhadap market power adalah positif tetapi tidak
signifikan.

Kata Kunci :
Hutang, market power,Lerner Indeks,markup

LINK DOWNLOAD : PDF



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment